Bikin Taman di Lahan Sempit, Bisa Gak Sih?

613

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Memiliki tanaman kini sedang digandrungi banyak orang untuk mengisi waktu luang. Namun, bagaimana jika lahan di rumah minim?

Tenang, meski lahan yang dimiliki tidak cukup luas, bolowarmo masih bisa memanfaatkannya untuk taman mungil kok. Lantas, gimana caranya?

Mengutip kompas, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat taman kecil di rumah. Yuk simak!

1. Memilih warna gelap

Biasanya, taman identik dengan warna-warna cerah. Tapi, untuk memberikan kesan luas, ornamen warna gelap bisa jadi pilihan. Pasalnya, warna gelap dapat menampilkan ilusi kedalaman.

2. Tambahkan kaca

Nah, ornamen yang bisa ditambahkan untuk memberi kesan yakni kaca. Tapi, yang perlu diperhatikan saat akan menambahkan ornamen kaca adalah penempatan kaca dan jenis kaca yang digunakan. Jadi, pastikan penempatan kaca tidak mengganggu orang lain, lantaran sifat kaca memantulkan cahaya. Juga, pilihlah jenis kaca khusus dan bisa digunakan untuk luar ruangan.

3. Menambahkan jalan setapak

Membuat jalan setapak kecil berkelok bisa dicoba tuh. Pasalnya, jalan setapak dapat membuat jalan terlihat luas. Jangan lupa menambahkan kesan alam seperti batuan kecil berwarna putih. Kolam ikan juga bisa ditambahkan untuk menambah kesegaran.

4. Memaksimalkan cahaya

Proses fontosintesis pasti membutuhkan pencahayaan yang cukup. Kalaupun menginginkan taman yang tidak terlalu terbuka, bolowarmo bisa menggunakan penutup kanopi. Kanopi yang digunakan usahakan berbahan polycarbonate.

5. Daur ulang furnitur

Kalau ada bekas perabotan seperti kayu, jangan langsung dibuang ya. Bahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendekor taman. Bahan tali juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tanaman gantung. Selain hemat, tanaman gantung juga akan membantu menutup kekurangan lahan.

6. Susun tanaman

Nah, untuk memaksimalkan lahan yang sempit, tanaman bisa disusun secara berjenjang. Dengan begitu, taman masih akan terasa lapang dan tidak tidak terkesan memenuhi halaman rumah.

7. Sisakan space terbuka

Ini merupakan satu yang penting. Jangan sampai taman mungil yang sudah dibuat malah penuh dengan barang dan terlalu banyak tanaman. Jadi, pastikan menyisakan space kosong untuk tempat bersantai melihat tanaman.

(bel/ono)