Jelang Haul Kiai Hamid, Jemaah Dari Luar Kota Bakal Diarahkan ke Sini

1761

Pasuruan (WartaBromo.com) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pasuruan melaksanakan rapat persiapan Haul ke-39 KH Abdul Hamid, Selasa (20/10/2020). Salah satu hasil rapat tersebut ialah mengatur jemaah haul dari luar kota yang datang ke Kota Pasuruan.

Pjs Wali Kota Pasuruan, Ardo Sahak mengatakan, para jemaah haul yang datang dari luar kota ini nantinya bakal diarahkan ke puluhan titik yang ada di Kota Pasuruan.

Puluhan titik tersebut adalah masjid-masjid yang ada di Kota Pasuruan yang menyediakan fasilitas virtual untuk mengikuti haul. Diketahui, ada 39 masjid di 4 kecamatan di Kota Pasuruan yang menyediakan fasilitas tersebut.

“Pemerintah dengan teman-teman tadi komitmen mereka tetap difasilitasi. Kita arahkan mereka ke masjid-masjid, nanti bisa mengikuti streaming virtual itu,” kata Ardo Sahak.

Sementara itu Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman menuturkan, untuk pengamanan, pihak kepolisian akan melakukan penyekatan dan pengaturan jemaah yang boleh masuk ke lokasi haul.

“Kita batasi masuk ke lokasi, sehingga tidak terjadi pengumpulan massa di lokasi,” terang Arman.

Seperti diketahui, haul Kiai Abdul Hamid tahun ini dilaksanakan agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni secara virtual. Hal ini karena situasi pandemi Covid-19 yang masih belum reda.

Majelis haul virtual tersebut akan disiarkan secara langsung dari Pondok Pesantren Salafiyah. Para jemaah juga dapat mengikuti haul melalui siaran tv lokal, ataupun via streaming dari berbagai kanal media sosial. (tof/ono)