Kapal Motor Bermuatan Solar Terbakar di Probolinggo

618

Sumberasih (wartabromo.com) – Kapal motor milik warga terbakar di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, pada Kamis siang (29/10/2020). Diduga kapal yang bermuatan solar itu, alami korsleting listrik.

Kapal motor yang bodinya terbuat dari kayu itu, terbakar hebat sekitar pukul 12.00 WIB. Api dari mesin kapal dengan cepat menyambar bahan bakar yang ada. Tiupan angin kencang membuat asap hitam membubung tinggi. Para nelayan dan warga sekitar panik.

Warga sekitar bersama petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Satpolair Polres Probolinggo berusaha memadamkan api. Petugas juga masih mendalami penyebab kebakaran kapal tersebut. Kebakaran ini juga menjadi tontonan warga setempat.

“Dugaan sementara, kebakaran ini karena hubungan arus pendek, karena informasi awal begitu mesin dihidupkan ada percikan api muncul,” sebut Kepala KSOP Tanjung Tembaga Probolinggo, Capt. Subuh Fakkurochman.

Menurut salah satu warga, kapal motor itu bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Akan dipergunakan untuk bahan bakar mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) desa setempat. BBM itu diangkut dari Pelabuhan Tanjung Tembaga.

“Tidam ada korban jiwa, ABK yang di kapal itu langsunv lompat ke laut. Hanya solar untuk mesin diesel listrik yang terbakar. Sehingga asap hitam membubung tinggi,” kata Muhamad, warga sekitar.

Sementara itu, Kepala Desa Gili Ketapang, Supariono mengatakan, kapal motor tersebut milik warga yang sering disapa Pak Ti. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pemilik kapal belum bisa memastikan berapa nilai kerugian material,” ujarnya. (lai/saw)