Atasi Banjir di Perum GCA Gempol, Pemkab Sediakan Pompa Air

708
Gus Mujib (rompi biru) saat meninjau lokasi banjir di Perum GCA, Gempol, Selasa (3/11/2020). Foto: Miftahul Ulum.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkab Pasuruan akhirnya turun ke Perum Gempol Citra Asri (GCA) Selasa siang (3/11/2020) usai banjir melanda wilayah setempat.

Baca: Korban Banjir Mulai Keluhkan soal Kesehatan

Sekitar pukul 11.00, KH. Abdul Mudjib Imron, Wakil Bupati Pasuruan didampingi Kepala OPD terkait dan Muspika setempat meninjau lokasi yang tergenang banjir sejak beberapa hari lalu itu.

Sebelum ke Perum GCA, Gus Mujib beserta rombongan juga menyempatkan melihat langsung lokasi banjir di Kedungringin, Kecamatan Beji.

Di kedua lokasi itu, orang nomor dua di lingkungan Pemkab Pasuruan itu melihat dapur umum sebagai penyedia makanan bagi warga terdampak banjir.

Dalam kesempatan itu, Gus Mujib juga menyerahkan bantuan makanan kepada warga 3 desa yang terendam banjir di Kecamatan Gempol.

Secara simbolis, bantuan diserahkan kepada 3 Kepala Desa terdampak dan Camat. Ia juga sempat meninjau rumah-rumah warga yang terendam banjir, meski tidak sempat menyapa warga.

Terkait banjir di Perum GCA, Gus Mujib mengatakan, Pemkab sudah menyiapkan rencana jangka pendek untuk mengatasinya. Yakni, penyediaan pompa air.

“Kami sudah ada solusi jangka pendek yang disiapkan. Kami sediakan pompa air untuk mengatasi banjir di perumahan,” ungkapnya kepada WartaBromo di lokasi.

Terkait rencana jangka panjang, penanganan banjir menurut Gus Mujib dilakukan dengan memfungsikan kembali Kali Bangi Tak dan Normalisasi Kali Wrati.

“Kedunglarangan sudah bagus, Pak Bupati akan terus berusaha agar sungai Bangil Tak dapat difungsikan kembali dan normalisasi Kali Wrati,” jelas Gus Mujib.

Terkait rencana nornalisasi itu, pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 telah menyetujui dengan perkiraan anggaran hampir Rp 1 triliun. (oel/asd)