Harga Pertalite Kini Setara Premium, Simak Lokasinya

17860
SPBU Raci, satu dari SPBU di Kabupaten Pasuruan yang masih diperkenankan menjual premium. Karena itu, di SPBU ini, harga pertalite masih normal tanpa diskon. Foto: Miftahul Ulum.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada yang tampak berbeda pada beberapa SPBU di Kabupaten Pasuruan belakangan ini. Terlihat banner promo bertuliskan ‘Pertalite Harga Premium, dengan diskon Rp. 1200’.

Diskon pertalite ini merupakan Program Langit Biru yang diluncurkan oleh Pertamina. Di Jawa Timur program ini meliputi 5 wilayah, yakni, Kabupaten Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Banyuwangi dan juga di Kota Malang.

Dari pantauan WartaBromo, diskon Pertalite ini tersedia di sebagian besar di Kabupaten Pasuruan. Salah satunya SPBU Desa Beji, Kecamatan Beji dan SPBU Latek, Kecamatan Bangil.

Ahad Rahedi, Section Head Communication & Relation Pertamina Marketing Region Jatimbalinus mengatakan, diskon pertalite tersebut merupakan program Langit Biru yang digagas Pertamina.

Di Jawa Timur program ini meliputi 5 wilayah, yakni, Kabupaten Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Banyuwangi dan juga di Kota Malang.

“Jadi ini promo khusus dari Pertamina untuk pembelian Pertalite seharga Premium yaitu Rp. 6.450,- per liter,” kata Rahedi. Sebelumnya, harga pertalite tanpa diskon adalah Rp 7.650,- per liter.

“Promo ini berlaku selama 2 bulan dan dilaksanakan di 75 SPBU bertanda khusus promo PLB, di kelima wilayah tersebut,” ungkap Rahedi dalam rilis yang dikirimkan kepada WartaBromo, Rabu (11/11/2020).

Untuk wilayah Kabupaten Pasuruan, program ini mulai dijalankan sejak Sabtu (7/11/2020) lalu dengan cakupan 33 SPBU. Meliputi, SPBU Desa Kepulungan, Desa Kudungbako, Desa Kejapanan, Desa Ngerong, Desa Raci, Karangrejo, Jl. Raya Kedawung Grati, Kutorejo Pandaan, Bajangan, Sedarum, Watestani.

Selain itu, promo ini juga tersedia di SPBU Jl. Raya 31 Purwosari, Jl. Raya Cangkringmalang, Sengonagung, sedarum, Jl. Simpang Tiga Pandaan, Jl. Raya Kejapanan 1, Jl. Sudarsono Bangil, Suwayuwo, Cangkringmalang, Wonosari, dan Beji.

Juga meliputi SPBU Jl. Sidowayah, Bangil, Jl. Raya Purwosari Desa Kembang, Desa Pulokerto Kraton, Jl. By Pass Pandaan, Desa Plintahan, Desa Cukur Gondang, Jl. Raya Malang-Pandaan, Desa Ngadimulyo, Desa Gading, Jl. Raya Purwodadi, dan Desa Tanggulangin.

Ahad menjelaskan BBM jenis premium masih tersedia, meskipun ada pembatasan. Hanya dua SPBU di Kabupaten Pasuruan yang masih menjual premium.

“Tetap ada SPBU yang melayani penjualan premium, di Pasuruan premium tersedia di SPBU Warung Dowo dan Raci,” terangnya saat dihubungi WartaBromo (11/11/2020).

Kabupaten Pasuruan sendiri tercatat sebagai daerah dengan jumlah SPBU paling banyak menerima program ini. Bandingkan dengan Gresik (22 SPBU), Kabupaten Probolinggo (10 SPBU), Kabupaten Banyuwangi (5 SPBU) dan Kota Malang (5 SPBU).

Khusaeni (41), Petugas SPBU Latek mengatakan, menyusul program ini, premium di SPBU miliknya sudah tidak ada lagi. “Premium sudah tidak ada mas , kira-kira mulai Jumat atau Sabtu,” ucapnya.

Sementara itu, Agung Febrianto (29), Supervisor SPBU Raci, menyatakan di SPBU Raci memang masih tersedia premium. Itu karena di SPBU-nya bukan termasuk penerima program penerima program ‘Pertalite Harga Premium’.

“Kemarin dikirimnya (premium), untuk kuota kami dapat 24 KL, sekarang habis, belum dikirimi. Kalau premium ada, Pertalite harganya normal karena kami yang masih boleh jual premium,” ungkapnya saat ditemui WartaBromo. (oel/asd)