Bunga Bangkai ‘Suweg’ Ditemukan di Pohjentrek

2668
Bunga Suweg, kerabat dekat Bunga Bangkai yang ditemukan di belakang kolam renang Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Foto: Miftahul Ulum.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Warga sekitar Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan dihebohkan dengan kemunculan bunga Suweg, Minggu (15/11/2020).

Pasalnya, tanaman yang merupakan kerabat dalam kelompok Bunga Bangkai ini lebih banyak tumbuh di dataran Sumatera.

Dari pantauan WartaBromo, setidaknya ada 7 bunga Suweg yang tumbuh liar tepat di pekarangan belakang sebuah kolam renang Mangga Dua, Warungdowo, Kecamatan Pohkentrek.

Satu di antaranya telah mekar dengan diameter lebih dari 30 sentimeter. Tercium bau bangkai yang cukup menyengat hingga dikerubuti lalat.

Menurut penuturan Heri, 54, penarik becak yang mangkal di sekitar lokasi menyebutnya sebagai bunga Suweg.

“Banyak di sini Mas, ini salah satunya, ini baru mekar, yang lain masih kuncup,” katanya sembari menunjukkan beberapa bunga yang dimaksud.

Pria asal Desa Susukan, Kecamatan Pohjentrek ini mengatakan, sebelumnya, ia sempat melihat beberapa orang membawa dua karung mengambil bunga tersebut.

“Kalau tidak diambili, banyak disini, sekitar sebulan lalu diambil, orang bawa sepeda motor, perkiraan saya buat jamu,” imbuhnya.

Dikutip dari Wikipedia, Suweg merupakan tanaman anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa dan iles-iles.

Suweg sering dicampurbaurkan dengan iles-iles karena keduanya menghasilkan umbi batang yang dapat dimakan dan ada kemiripan dalam morfologi daun pada fase vegetatifnya. (oel/asd)