Pimpinan Dicatut Penipu, Pemkab Probolinggo Belum Ambil Langkah Hukum

1141

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo belum mengambil langkah hukum terkait penggunaan foto Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo untuk penipuan. Warga diimbau berhati-hati terhadap munculnya akun palsu itu.

“Kami koordinasikan terlebih dulu dengan kepala bagian protokol dan komunikasi pimpinan,” kata Yulius Christian selaku Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Probolinggo pada Rabu, 18 November 2020.

Secara terpisah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Probolinggo, Hari Kriswanto juga mengamini pernyataan Yulius. Ia bahkan mengaku baru tahu jika foto diri kedua atasannya dipakai orang tak bertanggungjawab. Sehingga belum dapat memastikan langkah lanjutan.

“Ya kami baru tahu itu dari Kominfo. Belum ada langkah lanjutan, ini masih kami koordinasikan. Apakah akan dibawa ke ranah hukum atau tidak. Nanti kita dikabarkan lebih lanjut,” sebut mantan Camat Dringu itu.

Pemkab Probolinggo sendiri memastikan, bahwa akun yang menggunakan foto Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko adalah akun palsu.

Begini petikan rilis yang dikeluarkan oleh Pemkab Probolinggo :
“HATI-HATI!!!
Tersebar sebuah akun Whatsapp dengan nomor 083830167711 (mengatasnamakan Hj. Puput Tantriana Sari), dan akun facebook yang mengatasnamakan Wakil Bupati Probolinggo ( TIMBUL PRIHANJOKO), yang merupakan akun fake (akun palsu).

Dalam pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Probolinggo, modus pelaku adalah melakukan penggalangan donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes.

FAKTANYA, akun-akun tersebut adalah akun palsu.
Bupati Probolinggo, Hj. Puput Tantriana Sari, SE menghimbau untuk tidak mengindahkan apabila ada oknum yang coba melancarkan penipuan yang mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo, agar tidak ada korban dari tindak penipuan tersebut.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Akun Facebook milik Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, diduplikasi orang tak bertanggungjawab. Akun itu bahkan meminta transfer uang ke sejumlah orang. Dengan modus penggalangan dana untuk penanganan Covid-19.

Hal serupa juga menimpa Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Fotonya juga digunakan sebuah nomor whatsapp (WA) untuk hal negatif. Akun WA dengan nomor 0838-3016-7711 itu, menggunakan foto P. Tantriana Sari sebagai foto profil. Berjilbab putih dengan kacamata bulat. Sejumlah orang dihubungi nomor itu dengan modus menggalang donasi untuk yayasan dan ponpes. (saw/ono)