Belajar secara Tatap Muka di Kota Pasuruan Digelar Awal Tahun Depan

672

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah bakal kembali diberlakukan. Rencananya, kegiatan belajar tersebut dimulai awal tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Mualif Arif mengatakan, kebijakan tersebut setelah terdapat revisi terhadap surat keputusan bersama (SKB) empat menteri.

“Insyaallah diawali nanti semester genap. Kalau lihat semester genapnya, kita ada di bulan Januari,” ujar Mualif kepada WartaBromo, Jumat (27/11/2020).

Dalam revisi SKB tersebut, dijelaskan Mualif, sekolah tatap muka yang selama ini menggunakan acuan zona risiko penyebaran Covid-19 diganti dengan keputusan dari kepala daerah.

Mualif melanjutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyosialisasikan kebijakan belajar secara tatap muka ini ke sekolah-sekolah di Kota Pasuruan sekaligus mengecek sarana prasarana sekolah terkait protokol kesehatan.

Sekolah-sekolah ini nantinya disilakan untuk mengajukan proses pembelajaran secara tatap muka ke dinas pendidikan dan kebudayaan untuk kemudian dimintakan izin kepada kepala daerah.

Namun demikian, meskipun sudah ada kebijakan tatap muka, kegiatan belajar mengajar tidak serta merta kembali seperti sedia kala. Tetap ada ketentuan yang harus dipatuhi.

“Tetap ada ketentuan, misalnya hanya 50% siswa yang masuk. Kemudian tidak ada jam istirahat. Jam pelajaran dikurangi. Artinya tetap di-mix, ada yang tatap muka, ada yang daring,” kata Mualif. (tof/ono)