Pemkab Probolinggo-BRI Sosialisasikan Pembiayaan KUR Super Mikro Bagi Pelaku Usaha

1089
Diutamakan Untuk Korban PHK dan Ibu Rumah Tangga

Pembentukan skema pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro diutamakan untuk ibu-ibu rumah tangga dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah pandemi Covid-19 dilakukan agar mereka bisa berusaha dan menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyampaikan keberadaan KUR Super Mikro ini memberikan angina segar bagi pelaku usaha yang di masa pandemi Covid-19 ini sangat terdampak sekali.

“Selama masa pandemi Covid-19 ini, keberlangsungan pelaku usaha di Kabupaten Probolinggo sudah tidak menentu. Meskipun tetap berjalan usahanya, tetapi mereka tetap membutuhkan tambahan modal agar bisa meningkatkan kapasitas produksinya,” katanya.

Baca Juga :   Positif Corona, Petugas Haji Sebut Ada di Rumah

Anung menerangkan program KUR Super Mikro ini dilakukan untuk membantu pengusaha berskala kecil rumahan yang sudah ada untuk melakukan ekspansi bisnis. Sebab, sebenarnya tidak semua usaha kecil redup di tengah pandemi Covid-19.

Untuk bisa mendapatkan KUR Super Mikro, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, merupakan usaha mikro, bukan skala besar. Kedua, tidak ada batas durasi usaha seperti program KUR normal, sehingga bila usaha hanya akan berlangsung 2-3 bulan pun tidak apa.

Ketiga, bagi pegawai korban PHK tidak ada batas memiliki usaha yang sudah berlangsung minimal tiga bulan. Keempat, belum pernah menerima KUR. Bila kriteria dan syarat sudah sesuai, maka masyarakat bisa mengajukan KUR Super Mikro ke BRI.

Baca Juga :   Dukung Tol Paspro, Probolinggo Bakal Diganjar 4 Proyek Infrastruktur Senilai Rp20 M

“Kami berharap para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Probolinggo mampu memanfaatkan peluang KUR Super Mikro ini sebagai upaya untuk mengatasi permodalan sektor UMKM di masa pandemi Covid-19,” harapnya.

———————————————————————————————————————

Penulis : SONY WAHYU WIRAWAN
Instansi : Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
Daerah : Kabupaten Probolinggo