Jelang Tutup Tahun, Dinas Bina Marga Kebut Pemasangan PJU

745
Salah satu PJU yang sudah dipasang. Dinas Bina Marga menyebut pengerjaan proyek PJU baru mencapai 65 persen. Foto: Istimewa.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pengerjaan proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Pasuruan, belum juga rampung. Padahal, anggaran tahun berjalan tak sampai sebulan tersisa.

Hanung Widya Sasongko, Kepala  Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan menguraikan, pada tahun 2020 pihaknya telah melelang proyek PJU sejumlah 45 paket dengan anggaran Rp 5,6 miliar.

Dari jumlah tersebut, baru separo PJU terpasang. Rinciannya, 22 titik tuntas 100%. Sementara sisanya 23 titik masih dalam pengerjaan. Padahal sudah mendekati tutup tahun.

“Kendala dalam proyek PJU terletak pada material bola lampu, para kontraktor masih menunggu dropping dari perusahaan,” jelasnya.

Hanung menambahkan, bila dihitung keseluruhan progres pengerjaan PJU masih sekitar 65 persen. Namun, ia tidak merinci di titik mana yang belum selesai pengerjaannya. “Secara keseluruhan, pemasangan PJU sudah mencapai 65 persen,” imbuhnya.

Guna pengerjaan agar tepat waktu, Hanung pun meminta pengiriman material lampu dipercepat. “Perkiraan minggu ini sudah datang,” jelas Hanung.

Sementara untuk tahun 2021, proyek pemasangan PJU tetap ada. Namun hanya diprioritaskan untuk jalan-jalan protokol penghubung desa.

Terutama untuk jalan yang masih minim penerangan jalan, seperti di ruas jalan Areng-Areng, Jalan Raya Ngempit, Kecamatan Kraton, dan ruas jalan Bangil-Sukorejo. (oel/asd)