Satlantas Polres Lumajang Rekayasa Jalur Piket Nol 

1886
Rekayasa Lalin. Foto: Tribrata News Polres Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Satlantas Polres Lumajang akan melakukan pengalihan arus lalu lintas jalur Lumajang-Malang via Piket Nol, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Pengalihan ini berlaku jika terjadi eskalasi erupsi Gunung Semeru.

Aiptu Eko, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lumajang mengungkapkan, rekayasa lalu lintas dilakukan sebagai upaya gerak cepat jika erupsi Gunung Semeru berdampak pada lalu lintas.

“Upaya yang telah kami lakukan antara lain merekayasa arus lalin dari Kab. Lumajang – Kab. Malang dan dari Kab. Malang – Kab. Lumajang,” jelasnya dalam rilis resmi mewakil Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Putu Angga Feriyana.

Bagi pengguna jalan dari Malang menuju Lumajang melewati Piket Nol, Kecamatan Pronojiwo, maka diminta untuk putar balik. Pun demikian, semua kendaraan dari arah Lumajang, Jember, dan Probolinggo yang akan melewati piket nol, diharuskan putar balik. Kendaraan dialihkan supaya melalui rute Probolinggo.

Rekayasa Lalin. Foto: Tribrata News Polres Lumajang.

“Tentunya rencana rekayasa arus lalu lintas ini segera kami berlakukan jika terjadi peningkatan eskalasi erupsi Gunung Semeru,” tandasnya.

Sekadar diketahui, beberapa hari terakhir terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Beberapa wilayah yang terdampak di antaranya Dusun Curah Kobokan dan Sumbersari, Desa Supituran, Kecamatan Pronojiwo.

Banjir lahar dingin dari Curah Kobokan tersebut juga menerjang daerah aliran sungai (DAS) yang ada di bawah jembatan Perak, Piket Nol, Lumajang. (may/ono)