Banjir di Winongan Meluas, BPBD Evakuasi Lansia dan Balita

1311
Banjir di Desa Prodo, Kecamatan Winongan yang mencapai dada orang dewasa pada Minggu (13/12/2020) malam. BPBD memutuskan melakukan evakuasi balita dan manula setelah banjir kian parah. Foto: Istimewa.

 

Winongan (WartaBromo.com) – Banjir yang melanda Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada Minggu (13/12/2020) malam kian meluas. BPBD melakukan evakuasi terhadap lansia dan balita.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati menjelaskan, di Dusun Jetis, Desa Prodo ada lansia dan balita dan warga yang sakit yang dievakuasi BPBD.

“Kami bawa ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Yang lansia ada yang dievakuasi ke rumah saudaranya,” kata Tecto.

Tecto melanjutkan, pihaknya, sampai saat ini mempersiapkan lima perahu karet yang ditaruh di Kantor Kecamatan Winongan untuk berjaga-jaga jika ada lagi warga yang harus dievakuasi.

Saat ini banjir juga telah menggenangi sejumlah desa lainnya di Kecamatan Winongan yakni Desa Bandaran, Lebak, Winongan Lor, dan Winongan Kidul. Namun banjir paling tinggi, yakni mencapai satu meter, berada di wilayah Desa Prodo.

Selain itu, kata Tecto, di Desa Kedawung Wetan dan Desa Kedawung Kulon banjir juga sudah mulai masuk pemukiman warga dengan ketinggian 20-30 cm.

Pada malam ini, BPBD telah memberikan bantuan sejumlah mie instan untuk memenuhi kebutuhan makanan warga yang terdampak banjir.

“Ini masih koordinasi dengan Dinas Sosial, rencananya besok akan mendirikan dapur umum di kecamatan. Kita lihat juga besok genangan air surut apa belum. Kalau belum ya kita dirikan dapur umum,” imbuh Tecto. (tof/asd)