Tercatat 930 KK di Winongan Terdampak Banjir; Dapur Umum Didirikan

849

 

Winongan (WartaBromo.com) – Banjir merendam sejumlah desa dan ratusan KK di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Dapur umum pun didirikan untuk menyuplai kebutuhan makanan warga terdampak.

Pantauan WartaBromo, dapur umum tersebut didirikan di Kantor Desa Winongan Lor. Sejumlah warga beserta petugas dari desa, kecamatan, polisi, dan tentara tampak sibuk membungkus nasi beserta lauk pauk.

 

Camat Winongan, Basmi mengungkapkan, banjir merendam 6 desa di Kecamatan Winongan, yakni Desa Prodo, Winongan Lor, Winongan Kidul, Bandaran, Lebak, dan Kecamatan Gading.

“Total dari 6 desa tersebut, ada 930 KK yang terdampak banjir,” kata Basmi kepada WartaBromo, Senin (14/12/2020).

Dapur umum, dikatakan Basmi, didirikan oleh gabungan warga, kecamatan, desa, polisi, dan tentara. Nasi bungkus yang dibuat di dapur umum ini akan disuplai ke 6 desa tersebut.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Siapkan Rp8 Miliar untuk Sembako Warga Terdampak Covid-19

“Jumlah nasi bungkus yang diproduksi hari ini sejumlah 2.565 nasi bungkus,” imbuh Basmi.

Sementara itu untuk perkembangan situasi banjir, lanjut Basmi, genangan air di sejumlah desa kini mulai surut dibandingkan tadi malam. Semalam di Dusun Jetis, Desa Prodo, banjir mencapai ketinggian hingga 1 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati mengungkapkan, pihaknya semalam telah menyiapkan perahu karet untuk melakukan evakuasi warga.

“Warga yang dievakuasi ada lansia, balita, dan warga yang sakit. Kami bawa ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Yang lansia ada yang dievakuasi ke rumah saudaranya,” kata Tecto. (tof/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.