Tahun Depan, Pemkab Probolinggo Revitalisasi Pasar Condong dan Krucil

1746

Kraksaan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo merevitalisasi dua pasar tradisional pada 2021. Upaya itu dimaksudkan agar pedagang dan pembeli lebih nyaman bertransaksi di pasar.

Dua pasar yang akan dipoles itu yakni Pasar Condong Kecamatan Gading; dan Pasar Krucil Kecamatan Krucil. Untuk pasar Condong, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, menganggarkan dana senilai Rp1 miliar melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) 2021.

“Dalam proses mengajukan dana. Revitalisasi itu akan dilakukan pada bedak los seperti Pasar Patalan Kecamatan Wononerto. Konsepnya tidak jauh beda dengan itu,” ungkap Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Probolinggo, Andi Wiroso pada Jumat, 18 Desember 2020.

Berbeda dengan Pasar Condong, revitalisasi Pasar Krucil lebih kecil dananya. Yakni sebanyak Rp150 juta. Anggaran yang lebih kecil itu, direncanakan untuk rehab bangunan dengan skala kecil.

Baca Juga :   Di Tengah Pandemi, Pemkab Probolinggo Kembali Rombak Pejabat Eselon III dan IV

“Untuk pasar ini hanya rehab kecil saja atau bisa disebut pemeliharaan berjangka,” terangnya.

Begitu pula proses pengerjaannya nanti, Pasar Krucil melalui Penunjukkan Langsung (PL). Sebab, dana yang dikucurkan tidak sampai Rp200 juta. Berbeda dengan Pasar Condong yang dianggarkan Rp1 miliar, revitalisasi akan dilakukan dengan cara lelang.

“Karena kami masih proses pengajuan, dana itu masih belum bisa dipastikan. Belum tentu dana yang kami ajukan sesuai dan disepakati demikian. Kemungkinan bisa berkurang atau bahkan lebih,” tandas Andi. (cho/saw)