Ramai Chat Modus Penipuan Mengatasnamakan Kasir Indomaret, Kamu Dapat Juga?

7798

Jakarta (WartaBromo.com) – Sebuah modus penipuan terbaru viral di jagad sosial media. Kali ini, penipu mengatasnamakan kasir Indomaret untuk ambil alih Whatsapp korbannya.

Kasus ini jadi perbincangan di dunia maya setelah akun @EdiMahaMG di Twitter membagikan pengalamannya.

“Mohon di viral kan ya teman-teman semua.. Ini salah satu modus ambil alih akun WhatsApp anda.. Yang pastinya akan digunakan untuk berbuat kejahatan atas nama anda.. Bantu RT yaa agar banyak yg tau dan tak tertipu.. thx,” cuit Edi beserta screeshot chat Whatsapp.

Dalam gambar terlihat sebuah percakapan dari nomor asing, ke ponsel milik Founder Mini Gold Indonesia ini. Berikut isi percakapannya:

“Selamat siang kak, Maaf ganggu, Kami dari kasir Indomaret, Bisa minta tolong sebentar, Tadi ada pelanggan kami beli voucher game,Tapi Kami salah input nomor nya kak, jadi sms nya terkirim ke nomor kaka. Sms dari whatsapp yang ada tulisan Thailand nya, Karna ada kode 6 angka untuk kode voucher game fishinggo kak. Bisa dibantu kaka kirim/Screenshot SMS nya kak, Karena pelanggan kami masih menunggu untuk kode voucher game nya kak.”

Cuitan ini pun mendapat banyak respon dari warganet. Mereka mengaku juga mendapatkan pesan serupa.

Rupanya, hal ini merupakan salah satu modus terbaru untuk mengelabuhi pengguna Whatsapp. Selain menggunakan modus kasir Indomaret, juga ada yang Namanya kode OTP.

Hal ini diungkap oleh Mikko, Pakar Cyber Security. Ia mengatakan, modus ini untuk mengambil alih akun Whatsapp korbannya. Jika kemudian korban mengirim kode, pelaku bisa memanfaatkan akun curian ini untuk melakukan penipuan-penipuan berikutnya.

“We’re seeing a Whatsapp attack underway. If you get an unexpected text message from Whatsapp, do not share the code you got with anyone. Do not click the link,” tandas Mikko. (may/ono)