Ribuan Pelayat Antar Jenazah Habib Hasan ke Pemakaman, Ini Kata Satgas

2338

Pasuruan (wartabromo.com) – Ribuan pelayat mengikuti prosesi pemakaman Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf, di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan. Satgas COVID-19 Kota Pasuruan menyebut kejadian tersebut di luar dugaan.

Hal ini diterangkan Kokoh Arie Hidayat, Jubir Satgas COVID-19 Kota Pasuruan.

“Kejadian kemarin saat pemakaman Habib Hasan memang spontan tidak direncanakan. Beliau memang tokoh agama yang disegani sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ingin mengikuti pemakaman beliau,” kata Kokoh saat ditemui wartabromo.com di kantornya, Senin (28/12/2020).

Kokoh menjelaskan situasi tersebut memang berbeda dengan kegiatan-kegiatan yang direncanakan. Sehingga tak sempat melakukan langkah antisipasi seperti penyekatan dan sosialisasi protokol kesehatan.

Baca Juga :   Koran Online 6 Sept : Gerebek Kampung Begal di Plososari hingga Dimulai Cerita ‘Ditanggap Asu Ultah’ di Pasuruan Milik Percil dan Gus Miftah Trending 1 Youtube

“Masyarakat hadir dengan sendirinya tanpa direncanakan sebelumnya karena memang situasinya berbeda,” terang Kokoh.

Dikatakan juga, dari ribuan pelayat yang mengantarkan pemakaman Habib Hasan, sebagian besar sudah memakai masker. Namun, mereka berkerumun.

“Hanya saja sulit untuk menjaga jarak,” tandasnya.

Satgas berharap tak terjadi hal yang tak diinginkan terkait penyebaran COVID-19. Untuk langkah Pemerintah Kota Pasuruan saat ini yakni, masih menunggu adanya laporan terkait penyebaran Covid-19 pada kejadian tersebut.

“Kita akan lihat kemungkinannya kasus per kasus Covid-19. Tracing akan dilakukan berdasarkan temuan-temuan kasus positif,” tutupnya. (don/may)