Coba 5 Ramuan Herbal Ini Untuk Sembuhkan Penyakit Paru-Paru

20970

Pasuruan (wartabromo.com) – Pengidap penyakit paru tidak asing dengan pengobatan terapi uap. Namun demikian, ada beberapa ramuan herbal yang patut dicoba untuk sembuhkan penyakit paru lho.

Mengidap penyakit paru-paru membuat penderitanya merasa setres. Selain diharuskan mengkonsumi berbagai jenis obat, penderita juga harus menjaga jarak dengan orang lain.

Tidak hanya itu, pasien dengan penyakit paru-paru yang ingin cepat sembuh harus rajin check up ke dokter spesialis. Serta, melakukan upaya terapi uap agar cairan berupa jamur, maupun bakteri yang menyelimuti paru-paru bisa keluar.

Namun, menjalani terapi uap tidak akan cukup untuk menyembuhkan penyakit paru-paru. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif lain untuk membantu mempercepat penyembuhannya.

Baca Juga :   Mengenal Naqila, Bocah Penghafal Al Quran Asal Lumbang

Dinukil dari cnn.indonesia.com ada 5 ramuan herbal yang membantu untuk menyembuhkan penyakit paru-paru? Apa saja? Segera coba, yuk!

1. Eucalyptus

Kandungan antibakteri, antivirus dan anti inflamasi yang terdapat dalam tanaman Eucalyptus (kayu putih) ternyata efektif menyembuhkan infeksi pernapasan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dapat mencegah bronkitis.

Cara meraciknya yakni dikombinasikan dengan minyak esensial yang mengandung komponen kapur dan pinus. Cara penggunaannya juga cukup mudah, mengoleskan di bawah lubang hidung atau diteteskan ke dalam air putih hangat.

2. Jahe

Jahe segar juga efektif untuk melawan virus yang menyerang saluran pernapasan. Hal ini disebutkan dalam Sebuah penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine.

Baca Juga :   Harga Pertalite Kini Setara Premium, hingga APBD Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 Rawan Jebol | Koran Online 12 Nov

Untuk menyembuhkan penyakit paru-paru, jahe sebaiknya dikonsumsi dengan cara dikunyah atau dilarutkan dalam segelas air hangat. Seduh secara teratur sebanyak 3-4 kali sehari.

3. Habbatussauda

Habbatussauda atau di Indonesia lebih dikenal dengan jintan hitam juga dipercaya mampu sembuhkan sakit paru-paru. Tanaman herbal ini pertama kalu diteliti oleh Ibnu Sina, seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter dari Persia.

Pengidap sakit paru-paru bisa mengkonsumsi jintan hitam dengan cara diseduh bersamaan dengan air hangat. Bisa juga ditumbuk halus lalu dilarutkan dalam segelas air.

4. Peppermint

Siapa yang tidak kenal dengan pappermint? Daun mint ini sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk membuat kue maupun makanan.

Baca Juga :   Awas! Dispenser Mengandung Jutaan Kuman

Selain itu, pappermint juga bisa dikonsumsi sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit paru-paru. Mengkonsumsi pappermint secara teratur juga dapat membantu proses pengencerah dahak.

5. Daun Cocor Bebek

Selain sebagai tanaman hias, daun cocor bebek juga efektif menyembuhkan sakit paru-paru. Ramuan herbal ini bahkan sudah digunakan sejak lama di China.

Cara membuat ramuannya adalah, keringkan daun cocor bebek yang sudah dibersihkan. Kemudian, rebus di dalam air sampai mendidih, tuang ke cangkir, tambahkan madu. Seduh selagi hangat.

Selain mengkonsumsi tanaman herbal di atas, penderita sakit paru-paru juga harus mengikuti prosedur pengobatan secara medis. Khususnya, bagi pasien paru-paru akut. (trj/may)