Laka Lantas di Kota Probolinggo Menurun Sepanjang 2020

836

Mayangan (wartabromo.com) – Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota terdapat tren penurunan. Selaras, grafik “nyawa melayang” di jalanan juga menurun signifikan.

Data Satlantas Porles Probolinggo Kota dapat diungkapkan, angka kecelakaan lalu lintas pada 2020 tercatat 281 kasus. Jumlah itu mengalami penurunan sebanyak 29 persen dibanding 2019, yang mencapai 399 kasus.

Angka kematian pun mengalami penurunan. Dari 82 nyawa melayang sia-sia di jalanan pada 2019, maka sepanjang 2020 ini ada 71 korban meninggal di jalanan.

“Arus lalu lintas semasa pandemi Covid-19 ini cenderung longgar ya. Karena memang berbagai daerah melakukan pembatasan arus keluar masuk. Sehingga tren kecelakaan juga menurun,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP Tavip Harianto, Rabu (30/12/2020).

Mantan Kapolsek Tongas ini juga menyebut, turunnya angka kecelakaan juga berpengaruh terhadap angka kerugian material. Tahun 2019, kerugian material akibat kecelakaan mencapai Rp200 juta lebih. Kini kerugian material yang tercatat karena kecelakaan lalu lintas, mencapai Rp95 juta.

“Tetap perhatikan rambu lalu lintas, jangan ngebut di jalan, anak istri, dan keluarga menunggu di rumah. Walau masa pandemi Covid-19 arus lalu lintas lengang, tak selayaknya ngebut dan ceroboh di jalan, sayangi nyawa dan keluarga,” pesan Tavip.

Di masa pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir ini, kasatlantas juga berpesan agar masyarakat memilih berdiam di rumah bersama keluarga. Cara itu ditegaskannya sebagai salah satu upaya meminimalisir penularan Covid-19.

Protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan memakai masker, senantiasa diperhatikan. “Apalagi saat ini virus sudah teridentifikasi ada mutasi gen. yang tentunya makin berbahaya. Jadi lebih baik diam di rumah saja,” tutup Tavip. (lai/saw)