Apakah Pesugihan Tuyul Benar-Benar Ada? Ini 5 Faktanya!

7884

Pasuruan (wartabromo.com) – Makhluk gaib berupa sosok anak kecil atau yang biasa disebut tuyul, tak ada habisnya menjadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia. Lebih-lebih dikaitkan dengan pesugihan yang kerap menimbulkan keresahan.

Kendati demikian, tidak sedikit pula yang enggan mempercayai bahasan mitos tersebut dan menganggap hanya akal-akalan saja.

Tetapi, percaya atau tidak pesugihan tuyul sampai saat ini banyak ditemukan. Apalagi laju perekonomian yang semakin sulit di tengah pandemi. Tentu tak heran jika sebagian orang memilih jalan pintas agar cepat kaya.

Lantas, jika benar pesugihan tuyul itu ada? Apa faktanya? Ini Dia!

1. Uang Hilang Secara Misterius

Dilansir dari kumparan.com, jika uang yang sudah disimpan hilang secara misterius, maka itu adalah perbuatan tuyul. Apalagi jika uang tersebut hilang terus menerus dalam jangka waktu berdekatan.

2. Tidak Hanya Terjadi di Indonesia

Tak hanya itu, ternyata mitos soal pesugihan tuyul juga terjadi di negara lain. Diantaranya, Thailand yang menyebut tuyul dengan nama Koman-tong (laki-laki) dan Koman-Lay (perempuan)

Kamboja yang terkenal sebagai salah satu negara dengan laju ekonomi pesat, ternyata juga mempercayai adanya tuyul. Bahkan, di sana tuyul disebut dengan Cohen Kroh. Sementara di Filipina disebut Tiyanak.

3. Lembaran Uang Kertas yang Diambil Hanya Sebagian

Berdasarkan pengalaman korban pesugihan tuyul, kebanyakan mengaku bahwa uang yang hilang berbentuk lembaran. Serta, nominal yang diambil hanya sebagian dan sejenis.

Artinya, tuyul hanya mengambil nominal dan jenis uang sesuai dengan perintah tuannya. Sebab, tuyul memiliki karakter yang tidak serakah dan penurut layaknya anak-anak.

4. Uang Hilang Saat Malam Hari

Apabila merasa menyimpan uang pada malam hari kemudian saat paginya uang sudah hilang sebagian, maka itu adalah ulah tuyul. Pasalnya, tuyul hanya akan mencuri uang saat tengah malam saat penghuni tertidur pulas.

5. Uang Hilang Saat Rumah Sedang Sepi

Tuyul biasanya mengambil uang saat rumah dalam keadaan sepi. Pekerjaannya pun juga rapi ya. Bisa dipastikan dengan kunci rumah tidak rusak. Jadi berbeda ya dengan maling.

Apabila disekitar tempat tinggal ada yang memiliki pesugihan tuyul dan Anda adalah incarannya, maka waspadalah. Segera amankan uang tersebut agar tidak menjadi korban pesugihan tuyul.

Meski begitu, bolo boleh percaya atau tidak percaya akan pesugihan ini ya. Semua kembali pada kepercayaan masing-masing. (trj/may)