Ini Penyebab Pohon Beringin Ikon Alun-alun Lumajang Tumbang

2672

Lumajang (WartaBromo.com) – Pohon beringin berusia ratusan tahun di Alun-alun Lumajang tumbang, Minggu (17/1/2021). Faktor alam disebut-sebut jadi penyebab tumbangnya ikon Alun-alun Lumajang itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menegaskan tumbangnya pohon beringin di Alun-alun Lumajang merupakan fenomena alam.

“Tadi memang penyebabnya keropos, sehingga tidak bisa menahan beban. Mejadian hari ini adalah faktor alam, yang bisa terjadi kepada pohon apapun, ini kehendak Tuhan,” terangnya saat dikonfirmasi, Minggu (17/1/2021).

Lebih lanjut, Yuli Haris menyebutkan pohon yang sudah ada sekitar Tahun 1880 itu beberapa waktu yang lalu sempat dalam kondisi yang tidak baik. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup melakukan perawatan intensif agar kondisinya kembali baik.

“Perlakuan kami sudah maksimal, begitu daun mengering kelihatan kurang tumbuh bagus kami sudah lakukan upaya. Salah satunya membongkar semen yang ada dibawah pohon beringin, kami berikan pupuk diperlakuan supaya air bisa masuk,” ujarnya.

Saat ini DLHdibantu oleh Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang serta Satuan Polisi Pamong Praja berupaya melakukan pembersihan pohon beringin ini. Bahkan, Sekretaris Daerah Lumajang turut andil bersih-bersih pohon legendaris itu. (rul/may)