Berpotensi Banjir, Waspadai Cuaca Ekstrem di Tanggal Ini

3496

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga waspadai cuaca ekstrem di akhir Januari ini. Cuaca ekstrem ini juga berpotensi banjir.

“Kami mengimbau masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang cenderung meningkat di dalam periode Puncak Musim Hujan ini,” kata Deputi Bidang Klimatologi, Herizal dalam keterangan resminya.

Herizal menyebut, puncak musim hujan yang dimaksud terjadi hingga Februari 2020. Hujan ini sangat lebat dengan disertai kilat/petir.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menambahkan, potensi cuaca ekstrem diprediksi dapat terjadi pada 19-25 Januari 2021. Ada beberapa wilayah yang berpotensi menghadapi cuaca ekstem ini.

Baca juga: Awas! Potensi Banjir Meningkat pada 2021

Di antaranya sebagian wilayah Sumatera, Pulau Jawa seperti Jawa Timur, Bali, sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi, hingga Papua.

“Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang kemungkinan bisa terjadi dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, banjir yang dimaksud yakni kategori menengah pada Dasarian III (sepuluh hari ke-3). Di Jawa Timur, yang dipradiksi bakal banjir yakni di wilayah tengah dan timur.

Selain banjir, bencana lain seperti tanah longsor, banjir bandang hingga gelombang tinggi juga bisa terjadi.

BMKG pun meminta warga untuk bersiap dalam mitigasi bencana. Berhati-hati saat perjalanan dan terus memantau prakiraan cuaca. (may/ono)

Baca juga: Ada Sesar Aktif di Pasuruan hingga Probolinggo, Peneliti ITS Ingatkan Potensi Gempa