Awas Tertular Covid-19 Saat Makan Bersama! Pastikan Hal Penting Berikut Ini

672

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Momen makan bersama memang bisa menjadikan suasana semakin hangat. Namun, dalam situasi pandemi seperti sekarang, makan bersama justru bisa membawa petaka.

Mengapa? Pasalnya, saat makan bersama artinya semua orang harus mencopot masker. Hal ini tentu saja bisa mendatangkan potensi penularan Covid-19 tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Gerakan #MediaLawanCovid19 membuat konten edukasi bertajuk “Hati-hati Makan Bersama” yang diluncurkan pada, Senin (01/02/2021) kemarin. Kampanye ini dilakukan untuk meredam luasnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Banyak fakta yang mengungkap bahwa penyebaran Covid-19 semakin luas saat waktu makan bersama dan membuka masker. Untuk itu, berdasarkan beberapa sumber, bagi yang ingin menggelar makan bersama sebaiknya pastikan hal penting berikut ini:

Baca Juga :   Ini Panganan Pengganti Nasi yang Sehat nan Lezat

1. Batasi Waktu Makan

Demi mencegah penularan Covid-19 saat makan bersama, pastikan untuk membatasi waktu. Idealnya adalah 30 (tiga puluh) menit. Hal ini dilakukan agar tempat makannya longgar dan tidak berdesakan.

2. Jangan Berbicara Saat Makan

Penularan Covid-19 saat makan bersama sebagian besar terjadi pada saat sesama orang saling berinteraksi. Oleh karena itu, usahakan tidak berbicara pada saat makan dan segera kenakan kembali masker setelah selesai.

3. Jaga Jarak

Ternyata, selama ini masih sering didapati orang berkerumun saat makan. Padahal, menjaga jarak saat makan bersama sama pentingnya dengan dikerumunan lain.

Apalagi penularan Covid-19 saat makan bersama jauh lebih tinggi. Batas jaga jaraknya adalah 1,5 meter jika bersebelahan dan 2 meter jika berhadapan.

Baca Juga :   Ratusan Anak Yatim dan Keluarga Rentan, Terima Bansos Covid19

4. Pilih Ruang Terbuka

Hal penting lainnya adalah memilih tempat makan bersama yang berada di ruangan terbuka. Mengapa? Hal ini sangat penting agar sirkulasi udara lancar dan mencegah penyebaran virus.

Sangat disarankan untuk tidak memilih tempat makan yang berada di ruangan tertutup selama pandemi. Bisa juga menggunakan inisiatif membungkus makanan dari pada terlalu berisiko.

5. Usahakan Memilih Tempat Makan yang Sedikit Orang

Jika memang ingin mengadakan agenda makan bersama, sebaiknya usahakan memilih tempat makan yang tidak terlalu ramai. Upaya ini juga penting dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus. (trj/may)