Heboh Suara Dentuman Misterius di Malang, Berasal dari Semeru?

6192

 

Malang (WartaBromo.com) – Warga Malang dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar pada Selasa (02/02/2021) dini hari. Dentuman sempat diduga berasal dari Gunung Semeru.

Dentuman itu terjadi pada Selasa 23.00 WIB hingga Rabu dini hari. Suaranya terdengan seperti Meriam, hingga menggetarkan kaca.

“Iya terdengar seperti suara meriam gitu. Dentumannya cuma seperti suara meriam, dem dem dem gitu aja. Cuma ada yang sampai merasakan getaran, jendelanya bergetar gitu. Jadi kacanya getar gitu,” ujar petugas Call Center BPBD Kota Malang, Aziz dilansir dari Kumparan.

Beberapa wilayah yang terdengar dentuman yakni Malang Raya, Kota Batu hingga di Kepanjen, Kabupaten Malang. Warga pun sempat panik karena mendengar suara dentuman misterius ini.

“Ada di Dinoyo, di Kabupaten Malang daerah Singosari, Kepanjen, Tumpang juga sempat dengar dan keluar cari sumber dentuman. Daerah Batu juga ada yang sampai keluar (rumah),” lanjutnya.

Petugas sempat menduga jika dentuman ini berasal dari aktivitas Gunung Semeru. BPBD Kota Malang kemudian melakukan konfirmasi terhadap hal ini kepada BPBD Lumajang.

“Kami duga itu aktivitas vulkanik dari gunung semeru, ternyata bukan karena kami konfirmasi kan di BPBD Lumajang dan pos pantau sana memang bukan suaranya aktivitas Gunung Semeru,” tambah Aziz.

Ia memastikan jika dentuman ini bukan berasal dari Gunung Semeru. Statusnya juga masih di level II Waspada. Dugaan berikutnya, dentuman berasal dari Gunung Raung yang juga sedang aktif.

“Juga ada informasi beredar dari Gunung Raung, itu juga kami konfirmasi di sana bukan. Walaupun Gunung Raung saat ini aktivitasnya meningkat terdengar gemuruh, tapi enggak mungkin sampai Kota Malang yang jaraknya ratusan kilometer,” tutupnya.

Sampai saat ini belum bisa diketahui asal Dentuman misterius ini. Hanya saja BPBD Kota Malang mengimbau warga tidak panik dan tetap tenang. (may/ono)

Baca juga: Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas, Warga Panik dan Berhamburan