Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas, Warga Panik dan Berhamburan

1309

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) sekitar pukul 06.35 WIB, Selasa (2/2/2021). Warga pun panik dan berhamburan ke tempat aman.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekontruksi, BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang mengatakan dirinya mendapatkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PAG) Gunung Semeru yang ada di Gunung Sawur, Kecamatan Candipuro.

“Bahwa pada pukul 06.35, Gunung Semeru telah mengeluatkan APG dengan jarak luncur sekitar 4-5 km, dengan kecepatan luncur kurang dari 1 menit. Akibat APG menimbulkan kepulan asap putih ke hitam hitaman membubung tinggi mengarah ke utara,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui selulernya.

Diperkirakan, ada tiga kecamatan yang terdampak hujan abu vulkanik, yaitu Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Senduro dan Kecamatan Gucialit. Kejadian tersebut juga sempat membuat panik masyarakat yang sedang beraktifitas di sawah.

“Warga Susun Gumumas dan Supit Desa Supiturang yang berada di ladang sempat panik dan berhamburan,” lanjut Joko.

Sementara, informasi dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, telah menerjunkan sejumlah personil untuk melakukan observasi dan penanganan awal. Termasuk terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Semeru. (rul/may)

Baca juga: Peduli Erupsi Semeru, PT Indonesia Power Grati POMU Salurkan Bantuan