Khofifah Kunjungi Korban Banjir Bandang Kepulungan

1014

Gempol (Wartabromo.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi korban banjir bandang di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Jumat (5/2/2021) pagi. Ia memastikan korban mendapat bantuan baik fisik maupun pendampingan psikologis.

Dalam kunjungannya, Gubernur didampingi Bupati Pasuruan H.M Irsyad Yusuf beserta OPD. Khofifah sempat menyapa keluarga korban yang meninggal terseret arus banjir.

“Saya hadir di sini untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya 2 warga di sini. Semoga diterima oleh Allah dan khusnul khotimah,” kata Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah sempat mengobrol dengan Fitria Agustina. Fitria merupakan ibu dari Nanda Sekar Arum dan anak dari Sri Susminanti yang meninggal terseret banjir bandang beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   'Tradisi' Banjir: Antara Sebungkus Nasi dan Mitigasi

Terlihat khofifah khusyuk mendengar penuturan ibu korban. Selepas mendengar penuturan dari Fitria, Khofifah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada ibu korban.

Sementara itu, Khofifah juga menyebut akan melakukan proses recovery pasca-bencana. Hal ini penting untuk memberikan penanganan trauma bagi korban yang terdampak bencana.

“Selain tanggap bencana, ada proses recovery, kita akan koordinasi dengan pak Bupati untuk psychological recovery. Itu penting karena mungkin ada trauma trauma yang dialami oleh korban,” imbuh Khofifah.

Untuk itu, Khofifah menilai tokoh-tokoh masyarakat berperan dalam proses penyembuhan trauma yang mungkin dialami korban.

“Saya rasa di sini tokoh-tokoh lokal itu biasanya efektif untuk psychological recovery,” tandasnya. (oel/may)

Baca Juga :   Lari Demi Khofifah, Agus Sempat Dikira Bawa Bom

Simak videonya: