Gas Melon Bocor, Dapur Rumah di Kanigaran Meledak

1706

 

Kanigaran (wartabromo.com) – Suara ledakan memecah pagi yang tenang di Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Ledakan ternyata berasal dari dapur rumah gara-gara terdapat kebocoran gas elpiji.

Insiden dapur rumah pasutri Erna (36) dan Billah (46), warga Jalan Abdul Aziz gang3, RT2/RW6, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran pada Kamis (11/2/2021) pagi, sekira pukul 05.30 WIB.

Saat itu Erna tengah mandi, sedangkan suaminya, masih berada di kamar. “Saat mandi itu, kemudian memutar kran air. Hampir bersamaan itulah terjadi ledakan,” kata Erna.

Kuatnya ledakan menghancurkan penutup kaca kompartemen tempat gas dan mesin pompa air di dalam dapur. Tak hanya itu, pintu jati penutup dapur sampai terlempar, lepas dari engselnya.

Baca Juga :   Nyebrang Jalan, Mr. X Tewas Ditabrak Motor hingga Pikap

“Sempat terlihat dari kamar, jilatan apinya sampai ke ruang tengah. Tapi hanya sesaat itu saja,” sahut Billah.

Kerasnya ledakan juga sampai terdengar ke ujung gang depan. “Kaca ini sampai bergetar juga,” terang salah satu tetangga, Husen.

Dugaan sementara, gas LPG melon seberat 3 kilogram dalam dapur mengalami kebocoran. Namun karena diletakkan dalam kompartemen bertutup kaca, baunya tidak sampai tercium keluar.

Lokasi gas itu, tepat berada di samping mesin pompa air. “Mungkin terpicu oleh otomatisnya pompa ini, sehingga memantik api dan meledak,” sambung Billah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Tuan rumah hanya mengalami kerugian materi, lantaran sejumlah barang rusak akibat ledakan dipicu gas melon itu.

Baca Juga :   Pasutri Difabel Belum Terima Bansos Covid-19

Kerusakan yang nampak, di antaranya plafon atas yang bergeser ke atas dari posisi semula. Pintu dapur terlepas dari engselnya serta kompartemen kaca di bawah kompor gas yang hancur. (lai/saw/ono)