Bau Menyengat, Sampah di Desa Alasnyiur Dikeluhkan

796

Besuk (WartaBromo.com) – Tumpukan sampah di pinggir jalan raya penghubung kecamatan di Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo dikeluhkan oleh warga. Selain tumpukannya meluber ke jalan, baunya juga mengganggu warga.

Tumpukan sampah itu berada di sisi utara jalan penghubung antara Kecamatan Besuk dengan Kecamatan Pakuniran. Lokasinya di selatan makam Saudin Dusun Masjid RT 8 RW 2.

Aneka sampah domestik, baik organik dan non-organik, bercampur aduk. Kondisi itu, karuan menimbulkan bau tak sedap di indera penciuman.

“Jangan tanya baunya, gimana ya. Saya tiap hari lewat di sini, kondisi sangat memprihatikan. Apalagi kalau hujan, kadang sampahnya meluber ke jalan dan berbahaya bagi pengguna jalan,” kata
Misdin, warga sekitar.

Baca Juga :   Pemuda Bikin Ribut di Warkop Dimassa hingga Desa Ini Mulai Tenggelam Akibat Peningkatan Air Laut | Koran Online 1 Nov

Ia menduga jika sampah-sampah itu dibuang oleh warga dari luar. Sebab, lokasi tempat sampah “liar” itu cukup jauh dari perkampungan. “Banyak orang bermobil atau pakai sepeda motor bawa kantong-kantong plastik berisi sampah. Berhenti di sana dan tolah-toleh, kalau ndak ada orang plastik itu dilempar. Tapi ada juga dari pasar Senin-an juga dibuang ke sini,” tuturnya dalam Bahasa Madura.

Kepala Desa Alasnyiur, Hasan Basri mengatakan, sampah itu sudah menjadi problem tahunan. Ia mengakui jika di sekitar lokasi memang tidak ada tempat pembuangan sampah (TPS) sementara.

“Sudah sering kami bersihkan, namun masih banyak warga yang tidak peduli dengan kebersihan sekitar,” ujarnya ketika dikonfirmasi. (cho/saw/ono)