Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Ditunda

942

 

Surabaya (WartaBromo.com) – Pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 di Jawa Timur dipastikan ditunda. Diperkirakan mereka baru akan dilantik pada akhir Februari 2021 mendatang.

Dilansir dari SuaraSurabaya, sejatinya pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 itu dilaksanakan besok, Rabu (17/02/2021).

Kepala Biro Administrasi Pemerintah dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun mengatakan, keputusan penundaan itu disampaikan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri dalam rapat video conference bersama perwakilan dari seluruh pemerintah daerah pelaksana pilkada.

“Tanggalnya menyusul. Alasannya menunggu putusan sela MK tanggal 15-17 Februari ini,” katanya.

Karena penundaan pelantikan kepala daerah ini, agar tak terjadi kekosongan jabatan, menurut Jempin, sesuai UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, Pemprov Jatim akan menunjuk pelaksana harian.

Jempin melanjutkan, sekretaris daerah masing-masing kota dan kabupaten nantinya yang akan ditunjuk menjadi pelaksana harian.

“Gubernur Jawa Timur nanti yang akan mengeluarkan surat keputusan penunjukkan sekda masing-masing kabupaten/kota penyelenggara Pilkada sebagai pelaksana harian,” imbuhnya.

Sebagai catatan, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan sukses digelar. Saifullah Yusuf-Adi Wibowo terpilih sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (tof/asd)