Ini Kandungan Kosmetik yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

477

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hamil bukan suatu halangan untuk tampil cantik dengan makeup. Namun, sebaiknya pastikan kosmetik yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya demi kesehatan janin.

Penting diketahui, menurut dokter kandungan, kulit ibu hamil (bumil) dapat menyerap sekitar 60% dari bahan kosmetik. Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kecantikan.

Lantas, kandungan makeup apa saja yang harus dihindari oleh ibu hamil? Dinukil dari beberapa sumber, adapun lima kandungan kosmetik yang harus dihindari adalah sebagai berikut:

1. Paraben

Bahan ini umumnya digunakan sebagai bahan pengawet kosmetik agar bakteri tidak cepat tumbuh. Paraben sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah methylparabens.

Sebuah studi kesehatan menyebut bahwa paparan paraben pada bumil dikaitkan dengan gangguan perkembangan janin. Tidak hanya itu, kandungan paraben juga bisa menurunkan kekebalan tubuh bayi nantinya.

2. Oxybenzone

Penggunaan tabir surya saat ini memang tengah viral dan seolah wajib digunakan oleh para wanita. Namun sebaiknya hindari penggunaan tabir surya yang mengandung oxybenzone.

Mengapa? Pasalnya kandungan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon kehamilan. Tak hanya itu, oxybenzone menyebabkan gangguan kesehatan permanen pada janin serta ibu hamil.

3. Timbal

Sekalipun hamil, kebanyakan ibu-ibu tidak bisa terlepas dari penggunaan lipstik. Akan tetapi sangat disarankan untuk memilih lipstik yang mengandung pewarna 100% alami.

Mengapa? Pasalnya kebanyakan lipstik menggunakan pewarna buatan “timbal”. Sekalipun kandungan ini berpotensi kecil mengganggu kesehatan janin, alangkah baiknya dihindari. Mengapa? karena berisiko mengganggu sistem syaraf dan hormon.

4. Retinol

Apabila saat ini sedang hamil dan hendak memakai bedak, sebaiknya cek dulu apakah bedak tersebut mengandung retinol atau tidak. Jangan sampai menggunakan makeup dengan kandungan retinol secara berlebihan.

Retinol berisiko menyebabkan keguguran dan kelainan kongenital janin. retinol juga bisa ditemukan dengan nama retinyl palmitate, retinyl acetate, retinoic acid dan tretinoin.

Lalu apakah ada produk penggantinya? Tentu saja, bumil bisa menggunakan alas bedak dengan pelembap berwarna (tinted moisturizer), BB cream, atau CC cream.

5. Diazolidinyl Urea

Mascara merupakan salah satu produk kosmetik yang sepertinya wajib dikenakan untuk melentikkan bulu mata. Namun, sebaiknya bumnil tidak menggunakan maskara yang mengandung diazolidinyl Urea.

Pasalnya, pengawet antimikroba ini dapat melepaskan senyawa formaldehida yang berisiko menyebabkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli maskara yang berlabel 100% aman dari bahan kimia berbahaya. (trj/may)