Bangun Rumah Sakit NU, Pemkab Pasuruan Siap Gelontor Rp 10 M

1494
Prosesi pelatakan batu pertama RSNU Pasuruan di Kejayan, Minggu (28/2/2021). Foto: Miftahul Ulum.

 

Kejayan (WartaBromo.com) – Rumah Sakit Nahdlatul Ulama’ Pasuruan bakal digelontor dana Rp 10 miliar dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Hal ini disampaikan Bupati H.M Irsyad Yusuf saat peletakan batu pertama RSNU, Minggu (28/2/2021) sore.

Bupati menyampaikan, Pemkab bakal memberikan bantuan hibah sebesar Rp 10 miliar dari APBD. Kemungkinan bakal diambilkan dari APBD tahun 2022.

“Jadi yayasan punya perencanaan, dan DED Rp 100 miliar. Nah ini PCNU pakai dana abadi umat. Pemerintah bisa memberikan dukungan, selama sesuai aturan pemda, pemprov, dan pusat,” kata Bupati kepada Wartabromo, usai peletakan batu pertama RSNU Pasuruan.

Gus Irsyad, -sapaannnya- menyebutkan, dukungan ini merupakan salah satu bentuk visi-misinya. Berupa pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Tidak hanya eksklusif oleh NU, kata Irsyad, penyediaan layanan kesehatan ini terbuka disediakan oleh seluruh masyarakat. Baik dari pihak swasta maupun organisasi kemasyarakatan.

“Karena ini bagian dari visi-misi, terutama dalam bentuk pelayanan kesehatan. Itu bisa oleh siapa saja, termasuk swasta, organisasi kemasyarakat, baik NU maupun Muhammadiyah, dan sebagainya,” jelasnya.

Secara khusus, untuk bantuan Rp 10 miliar tersebut masih diperlukan perencanaan. Hal ini menyesuaikan dengan kekuatan anggaran yang dimiliki Pemkab.

“Itu masih kami rencanakan, tentu dengan melihat kekuatan APBD. Kami rencanakan di perencanaan APBD 2022. Kalau tidak mampu dalam satu APBD, ya bisa dengan dua kali APBD,” terangnya.

Oleh sebab itu, Bupati berharap dengan adanya pembangunan RSNU ini, bisa memberikan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pasuruan secara merata. Menunjang RSUD yang sudah ada, seperti RSUD Bangil dan RSUD Grati.

“Harapanya layanan kesehatan di Kabupaten Pasuruan bisa merata. Ada RSUD Bangil, RSUD Grati, dan RS swasta lain. Nah di tengah-tengah ini ada RSNU,” tandasnya.

Sekadar diketahui, PCNU Kabupaten Pasuruan bakal memiliki RSNU yang dibangun di Desa/Kecamatan Kejayan. Target pembangunan akan selesai dalam waktu dua tahun ke depan. (oel/asd)