Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga Dringu

1092

Dringu (wartabromo.com) – Ratusan rumah di sejumlah desa, di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, terendam banjir. Air mulai meluap dari sungai dringu, sekitar pukul 21.30 WIB.

Keterangan warga sekitar, air meluap begitu saja. “Cepat sekali datangnya air. Sepertinya ada yang jebol tanggul penahannya,” kata salah satu warga, Affandi, Minggu (28/2/2021) dinihari.

Luapan air itu, diduga imbas dari tingginya curah hujan di bagian hulu sungai. Tepatnya di Kecamatan Sumber dan Kuripan. Atau di lereng Gunung Bromo. Sehari sebelumnya, debit air sungai dringu memang sempat meninggi.

Tapi tidak sampai masuk rumah warga. Air hanya merembes masuk ke halaman dan jalan desa. Itupun berada di bagian hilir atau area muara sungai dringu. Di saat bersamaan, air meluap di aliran sungai legundi. Menyasar wilayah selatan Kota Probolinggo.

“Bisa jadi ini karena semua debit air dialihkan ke saluran sungai dringu ini. Cabangnya kan ada di daerah legundi sana. Ke barat tembus kali legundi dan sungai paser. Ke timur, tembus kali dringu ini,” jelas Affan.

Air masuk sampai sepinggang pria dewasa. Hanya rumah warga yang dibangun begitu tinggi, serta rumah yang dilengkapi dam penahan yang bisa bertahan. Sedangkan lainnya, tenggelam terendam air banjir. Hingga berita ini dituliskan, atau sekitar pukul 00.00 WIB, air belum surut. Ketinggian masih sama, sekitaf pinggang orang dewasa.

Sejauh ini, belum ada data resmi maupun keterangan dari BPBD Kabupaten Probolinggo. Soal berapa rumah warga yang terdampak. “Petugas kami masih di lapangan, melakukan assesment berapa yang terdampak,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, Sugeng Suprisayoga. (lai/may)

Simak videonya: