Terparah, Banjir di Kutorenon Capai 2 Meter

1120

Lumajang (WartaBromo.com) – Banjir menggenangi rumah warga di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Bahkan ketinggian air mencapai 2 meter lebih.

Seluruh warga di Desa Kutorenon terendam banjir. Salah satu kampung yang terdampak paling parah yakni RT 02 RT 09 Dusun Biting 1, Desa Kuteronon, Kecamatan Sukodono – Lumajang. Ketinggian air mencapai 2 meter.

Sampai saat ini, Tim BPBD dan SAR Kabupaten Lumajang masih melakukan penanganan dan evakuasi terhadap warga yang masih terjebak di atap-atap rumah.

“Sekarang masih evakuasi perumahan biting dan sekitaranya. Tim juga masih melakukan pendataan,” terang Joko Sambang, Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2021).

Di sisi lain, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Nana Indra Wahyuni menyampaikan pihaknya sudah mensiagakan dapur umum tagana untuk mencukupi kebutuhan makanan warga dan para relawan.

“Tagana Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, menyiapkan nasi bungkus,” ujarnya.

Meskipun demikian, kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan darurat masih diperlukan. Untuk masyarakat yang ingin memberikan bantuan atau donasi bisa dikumpulkan di Dinas Sosial Kabupaten Lumajang dan Kantor Kecamatan Sukodono.

Diketahui, hujan deras mengguyur Kabupaten Lumajang sejak Sabtu (27/02/2021) hingga Minggu dini hari. Sejumlah sungai besar meluap diantaranya Kali Asem dan Sungai Bondoyudo. Akibatnya ratusan rumah warga terendam banjir. (rul/may)