Lakukan Tips Ini Agar Anak Cepat Bicara

404
Ilustrasi anak. Gambar Pixabay.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap orang tua pasti merasa was-was jika menginjak usia 2 tahun, anaknya tak kunjung bisa bicara. Berbagai cara pasti dilakukan agar buah hati bisa mengucapkan kata-kata dengan lancar.

Sebagaimana diketahui, menstimulasi anak menjadi kunci penting untuk membantu proses bicara. Oleh sebab itu, orang tua yang kurang memberikan stimulasi pada anak akibatnya adalah keterlambatan bicara.

Lantas, bagaimana jika anak sudah terlanjut sulit bicara? Tidak perlu bingung, dinukil dari beberapa sumber, ada 3 tips yang bisa dilakukan.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Sering Ajak Bicara

Tips pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengajak anak bicara. Apabila upaya ini dilakukan sesering mungkin, maka besar kemungkinan anak lekas bicara. Pasalnya, ia akan tergerak untuk fasih mengucapkan kata-kata.

2. Nyanyikan Lagu Khusus Anak

Keterlambatan seorang anak dalam bicara bisa disebabkan karena nalurinya malas untuk berkata-kata. Maka coba untuk memutarkan lagu khusus anak-anak yang riang dan gembira.

Hal ini juga mampu memancing anak untuk segera turut bernyanyi. Tak hanya itu, memutarkan lagu anak berulang-ulang juga mampu membantu memperkuat daya ingat si kecil.

3. Ucapkan Kosakata yang Mudah Dipahami

Saat berkomunikasi dengan si kecil, hindari menggunakan kata-kata rumit. Mulai dengan mengucapkan kata-kata mudah, seperti ibu-ayah, iya-tidak, maaf-terimakasih dan lain sebagainya.

Apabila anak sudah mulai bisa mengucapkannya, maka tambahkan beberapa kata tambahan untuk menyambung. Dengan demikian, anak akan terus belajar berbicara dengan sendirinya. (trj/may)