Sakit Pinggang Saat Menstruasi? Ini Cara Mengatasinya

619

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seorang wanita yang sedang menstruasi kebanyakan mengalami masalah pada fisik. Di antaranya seperti nyeri payudara, kram perut hingga sakit pinggang tak tertahankan.

Rasa sakit tersebut memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya bagi wanita yang bekerja. Apalagi rasa sakit di pinggang cenderung terasa panas dan membuat seorang wanita tidak bisa berdiri atau duduk terlalu lama.

Lantas, apakah ada cara untuk mengatasi rasa sakit di pinggang saat menstruasi? Tentu saja, dinukil dari beberapa sumber adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Istirahat dan Jaga Tubuh Tetap Rileks

Sebuah studi dari Journal of Exercise Rehabilitation, sakit pinggang saat haid disebabkan oleh prostaglandin. Hal tersebut yang terjadi karena rahim berkontraksi terlalu kuat.

Kotraksi tersebut kemudian memotong pasokan oksigen ke beberapa otot di sekitarnya. Oleh karena itu, saat sakit pinggang mulai terasa, baiknya istirahat dan jaga tubuh tetap rileks.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan dan harus banyak dikonsumsi oleh seorang wanita saat menstruasi. Mengapa? Pasalnya kandungan mineral yang ada di dalam air putih mampu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Mandi dengan Air Hangat

Sakit pinggang biasanya dirasakan saat hari pertama menstruasi. Untuk mengatasi dan meredakan rasa sakitnya, maka disarankan untuk mandi menggunakan air hangat.

Mengompres pinggang atau perut yang nyeri juga disarankan untuk mengurangi rasa sakit.

4. Konsumsi Obat Anti Inflamasi

Untuk mencegah sakit pinggang saat menstruasi, seorang wanita bisa mengkonsumsi obat anti inflamasi. Obat ini diminum beberapa hari sebelum menstruasi datang.

Tetapi jangan terlalu sering mengkonsuminya. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan lebih dahulu perihal dosis yang dianjurkan demi keamanan rahim.

5. Hindari Minuman Kafein Maupun Coklat

Tidak sedikit dijumpai para wanita yang menstruasi masih gemar mengkonsumsi minuman berkafein maupun mengandung coklat. Padahal, kandungan kafein maupun coklat bisa memperparah rasa sakit dipinggang.

Jadi usahakan untuk tidak mememinum kafein atau coklat dulu ya sampai nyeri pinggang usai. (trj/may)