Pabrik Rokok Apache Kembali Lorot Ratusan Pekerja

24002

Pasuruan (WartaBromo.com) – PT. Karya Dibya Mahardika (KDM) di Pasuruan kembali PHK (pemutusan hubungan kerja) ratusan karyawan, Selasa (23/3/2021).

A. Imam Ghozali, Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Pasuruan yang dikonfirmasi membenarkan kabar pengurangan karyawan di PT KDM itu.

“Info itu memang mau ada pengurangan sekitar berapa 700, jadi antara Aphace Purwosari sama Pandaan,” tutur Ali saat di konfirmasi WartaBromo., melalui sambungan telephone.

Kendati begitu, sejauh ini pihaknya belum mendapat surat resmi dari perusahan terkait bersangkutan.

“Tapi masih belum ada surat terkait akan adanya pengurangan karyawan,” lanjutnya.

 

Sekedar diketahui, PT. Karya Dibya Mahardika (KDM) di Pasuruan PHK (pemutusan hubungan kerja) ratusan karyawan pada tahun 2020 lalu. Penurunan produksi, jadi salah satu biang pabrik rokok merek Apache itu ambil kebijakan tersebut.

Baca Juga :   PHK Ratusan Karyawan, Ini Sekilas Riwayat Pabrik Rokok Apache

Informasinya, ada sekitar 800 sampai 900 pekerja diberhentikan. Mereka sebelumnya bekerja pada pabrik PT KDM yang ada di Pandaan dan Purwosari.

Belum diperoleh keterangan dari pihak perusahaan terkait adanya kabar PHK masal ini. Namun, seorang pekerja yang menolak disebutkan namanya membenarkan kebijakan PHK tersebut.

Ia yang sudah sembilan tahun bekerja di KDM dengan sistem PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu) mendapat pesangon 5 kali UMK.(don/asd)