Jalur Bromo di Sukapura Tertutup Longsor

926

 

Sukapura (WartaBromo.com) – Longsor terjadi di perbukitan lereng Bromo di Dusun Jurang Perahu, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada Jumat, 26 Maret 2021. Material longsor nyaris memutus akses transportasi.

Longsor terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Separuh badan jalan dari arah Sukapura ke Bromo, tertutup material longsor. “Terjadi saat hujan lebat mengguyur wilayah sekitar Bromo. Material longsoran menutup separuh jalan,” sebut Sunario, warga setempat.

Kendaraan yang melintas dari arah Bromo maupun sebaliknya, harus bergantian. Badan jalan hanya cukup untuk dilewati satu kendaraan roda empat. Selain itu, pengendara harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan yang licin tertutup material lumpur.

Agar tak mengganggu arus transportasi warga dan wisatawan, petugas gabungan dari BPBD, Koramil Sukapura, Polsek Sukapura, dan warga bergotong-royong membersihkan tumpukan longsor. Menepikan tanah dan bebatuan ke pinggir jalan. Termasuk memotong kayu yang melintang di atas badan jalan.

Baca Juga :   Mobil Belajar Tatap Muka Mulai 5 Juli hingga Balik ke Probolinggo Bakal Disekat di 2 Titik | Koran Online 19 Mei

“Petugas tengah membersihkan material longsor agar arus lalu lintas bisa kembali lancar. Sampai saat ini masih berlangsung,” terang Aris Setyawan, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo melalui sambung seluler.

Pengguna jalan diminta untuk berhati-hati saat melintas di jalur Gunung Bromo. Baik dari atau menuju ke destinasi wisata itu. Terutama ketika hujan deras terjadi. “Sebaiknya beristirahat di lokasi yang aman, karena perbukitan disana rawan longsor,” imbau Aris. (saw/ono)

 

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.