Jembatan Jabung Sisir Telan Dana Rp13 Miliar

1437

 

Paiton (WartaBromo.com) – Jembatan Jabung Sisir 1, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo yang sudah berusia 50 tahun lebih, bakal dibongkar total pada tahun ini. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN Jatim Bali) menganggarkan pembangunannya senilai Rp13 miliar.

“Terjadi penurunan pada badan jembatan, karena faktor usia dan struktur bangunan. Jembatan itu, sudah berusia lebih dari 50 tahun, kemudian ada korosi pada baja akibat air pasang,” ungkap Apriyanto selaku staf teknis pada PPK 1.1 BBPJN Jatim Bali pada Rabu, 31 Maret 2021.

Pihaknya, kata Apri, telah menghitung kebutuhan dana yang akan digunakan. Sekitar Rp13 miliar dipersiapkan untuk membangun ulang jembatan di jalur Pantura Probolinggo-Banyuwangi itu. “Selain perbaikan jembatan, juga digunakan perbaikan jalan dan drainase,” imbuhnya.

Baca Juga :   Wali Kota Probolinggo Gandeng Komunitas Rayakan Kemerdekaan

Jembatan Jabung Sisir 1 berstruktur batu bata dan batu kali. Pada awal pembangunan mempunyai lebar 5 meter, kemudian diperlebar hingga 7,1 meter. Sedangkan panjang jembatan mencapai 5 meter. Setelah pembangunan, akan mempunyai lebar 11 meter dengan trotoar 2 meter, total 13 meter.

Ia mengatakan pembangunan jembatan Jabung Sisir 1 akan dilaksanakan oleh PT Rajendra selama 3 bulan. Di mulai sebelum Hari Raya Idul Fitri dengan pembuatan jalur di sisi utara selebar 3,5 meter. Sedangkan sisi selatan, selebar 6 meter tidak dibongkar. Pembongkaran total akan dilakukan setelah lebaran.

“Kita garap yang sisi utara dulu atau arah Banyuwangi. Agar arus transportasi tetap berjalan. Nanti jembatan itu, akan menggunakan box culvert. Jika ini sudah selesai, baru dilanjut dengan pembongkaran eksisting,” terang Apri. (saw/ono)

Baca Juga :   Modus Baru Maling HP di Probolinggo: Lempar Serbuk Kopi ke Mata Korban, Waspada ya Bolo...

 

 

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.