Asyik Mancing, Warga Temukan Granat Aktif di Sungai Kaliasem Lumajang

824

Lumajang (WartaBromo.com) –  Seorang warga menemukan granat tangan jenis nanas di Sungai Kaliasem Gambiran, Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang, saat memancing. Granat tersebut diduga masih aktif.

Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Andreas Shinta mengatakan, granat tangan tersebut ditemukan di antara bebatuan di sungai yang tidak ada airnya.

“Penemuan granat saat itu warga sedang asik memancing ikan di sungai Kaliasem tepatnya kurang lebih 100 Meter sebelum Dam Gambiran tiba-tiba menemukan yang diduga granat tangan (GT) jenis nanas di tengah sungai yang tidak ada airnya di bebatuan,” ungkapnya, Selasa (30/3/2021).

Setelah dilakukan pengecekan oleh jajaran Sabhara Polres Lumajang, granat tersebut diduga masih aktif dan sudah diamankan di lapangan Tembak Polsek Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Granat itu ditemukan tanpa pengupil, detonator dan pengunci granat.

Polres Lumajang sudah melakukan koordinasi dengan Tim Pengurai Gegana Polda Jatim untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Dugaan sementara, granat tersebut merupakan sisa jaman dulu yang dimiliki oleh TNI. (rul/may)