Diterjang Angin Kencang, Pohon di Alun-Alun Bangil Bertumbangan

760
Angin kencang yang menerjang sekitar alun-alun Bangil, Jumat (9/4/2021). Foto: Istimewa.

 

Bangil (WartaBromo..com) – Hujan lebat disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Bangil, Jumat (9/4/2021) petang. Sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, beberapa titik pohon tumbang terjadi akibat hujan lebat disertai angin kencang di Kecamatan Bangil. Pihaknya masih menghimpun laporan terkait titik-titik yang tumbang.

“Yang jelas ada beberapa titik pohon tumbang di Bangil, teman-teman BPBD masih motong-motong belum sempat rekap laporan,” kata Harris saat dikonfirmasi Wartabromo.

Dari informasi yang dihimpun WartaBromo., warga sempat histeris saat angin kencang menerjang wilayah alun-alun Bangil. Sejumlah pohon tumbang di sekitar alun-alun.

“Tadi sebelum maghrib, ini pohon di belakang saya yang tumbang, ada 3 yang tumbang. Panik tadi, sudah saya gelar terpalnya, saya tutup lagi, saya tinggal,” kata Husni, 34, salah seorang penjual nasi goreng di sekitar alun-alun Bangil.

Sementara itu, Camat Bangil Komari mengatakan, angin kencang dan hujan lebat melanda sebagian besar wilayah utara Kecamatan Bangil. Di antaranya, Kelurahan Masangan, Tambakan, Kalianyar, Gempeng, Kauman, Dermo, dan sekitar alun-alun Bangil.

“Angin kencang dan hujan lebat merata di Kecamatan Bangil, terutama di bagian utara. Kami masih rekap laporan, menunggu konfirmasi dari para lurah dan kades,” kata Komari saat dihubungi wartabromo.

Namun yang pasti, tidak ada korban jiwa yang diakibatkan angin kencang ini. Hanya kerusakan bangunan rumah warga dan pohon tumbang.

“Sementara ini, tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan bangunan terutama bagian atap yang mengelupas terbawa angin,” tandasnya.

Adapun Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Rusdi Sutejo mengatakan, sedikitnya 30 rumah di Dusun Kalanganyar, Kelurahan Kalianyar rusak diterjang angin kencang. Ia berharap, rumah warga yang rusak mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Saya berharap, runah warga yang rusak, terutama yang kurang mampu bisa mendapat bantuan untuk perbaikan rumah,” kata politisi dari Dapil 1 ini. (oel/asd)

Simak videonya: