Ingatkan Indonesia di Wilayah Cincin Api, Jokowi: Gempa Bumi Dapat Terjadi Kapan Saja

1409

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo beri pernyataan terkait gempa yang menggoncang sejumlah wilayah di Jawa Timur. Ia mengingatkan, gempa bumi bisa terjadi kapan saja.

“Gempa di Jawa Timur, Sabtu kemarin kembali mengingatkan kita bahwa Indonesia berada di wilayah cincin api. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja,” terang Jokowi melalui akun Twitter officialnya pada Minggu (11/04/2021).

Jokowi kemudian menyampaikan dukacita kepada korban gempa baik yang meninggal maupun luka-luka. Ia meminta pemerintah setempat maksimal menangani mitigasi bencana ini.

“Saya telah memerintahkan segenap jajaran terkait sampai pemerintah daerah untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan melakukan perawatan pada korban luka-luka,” tegasnya.

Baca Juga :   Koran Online 17 Mei : Komplotan Pencuri Sapi Probolinggo Didor, hingga Ratusan Pejabat Pemkot Pasuruan Kembali Dilantik

Sekadar diketahui, wilayah cincin api yang dimaksud Jokowi yakni daerah yang sering mengalami gempa bumi maupun letusan gunung. Indonesia jadi negara yang berada di jalur gempa teraktif di dunia.

Sebab Indonesia dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. (may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.