Begini Tips Selamat dari Reruntuhan Saat Gempa Bumi

843

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gempa berskala 6,1 Magnitudo yang terjadi di Malang, Jawa Timur pada, Sabtu (11/04/2021) banyak menimbulkan kerusakan. Bahkan, tidak sedikit korban jiwa berjatuhan atas peristiwa ini.

Meski tidak berpotensi tsunami, dinukil dari laman resmi bmkg.go.id, warga diimbau untuk berhati-hati. Pasalnya, masih ada kemungkinan terjadi gempa susulan.

Menanggapi hal ini, tidak heran jika banyak masyarakat yang mencari cara agar bisa terhindar dari reruntuhan saat gempa. Namun, apakah ada tips agar terhindar dari reruntuhan?

Dinukil dari beberapa sumber, adapun tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Jangan Panik Berlebihan

Saat terjadi bencana, terutama gempa usahakan tidak panik berlebihan. Tetap kendalikan diri sembari berpikir siapa dan apa saja yang perlu diselamatkan.

Apalagi jika berada di dalam gedung bertingkat, usahakan untuk tidak tergesa-gesa menaiki lift atau eskalator jika merasa guncangan gempa. Segera berlari menuju tangga dan keluar ruangan atau gedung.

2. Jauhi Bangunan, Tiang dan Pohon

Tips berikutnya adalah menjauhi bangunan, tiang atau pohon. Mengapa? Sebab saat terjadi gempa, ketiganya mudah roboh sehingga sangat berbahaya dan rawan menimpa tubuh.

Segera cari tempat yang luas dan terbuka. Lindungi kepala menggunakan benda keras, seperti tas, helm dan lain sebagainya.

3. Berlindung di Bawah Meja

Sesuai buku yang diterbitkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), apabila terjadi gempa, warga bisa berlindung di bawah meja atau sesuatu yang keras dan kokoh. Hal ini supaya terhindar dari reruntuhan bangunan.

Lalu apabila ada celah untuk ke luar ruangan, bisa bergegas melakukan evakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Seperti di tanah lapang yang luas.

Selain ketiga tips di atas, apalah bolo warmo punya tips lain agar terhindari dari reruntuhan saat gempa? (trj/may)