Korban Gempa di Lumajang Dapat Rp50 Juta untuk Perbaikan Rumah

1307

 

Pronojiwo (WartaBromo.com) – Ribuan rumah di Lumajang rusak setelah digoncang gempa berkekuatan 6,1 Magnitudo. Rumah dengan kerusakan berat bakal mendapat bantuan Rp50 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Khofifah Indar Parawansah saat memantau korban gempa di Pronojiwo, Minggu (11/04/2021).

“Ada bantuan dari BNPB, yang rumahnya rusak berat mendapatkan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp24 juta dan rusak ringan Rp10 juta, ini menunggu percepatan verifikasi data dari masing-masing daerah,” ungkapnya.

Selama rumah dalam masa perbaikan, maka korban akan mendapat Tunggu Hunian. Khusunya untuk korban yang rumahnya dalam kategori sedang hingga berat.

“Sambil menunggu rumah selesai dibangun, ada bantuan tunggu hunian, setiap bulan mendapatkan 500 ribu untuk menyewa rumah karena rumahnya rusak berat atau rusak sedang ke arah berat,” jelasnya.

Baca Juga :   Berawal dari Beri Tumpangan, Sopir Truk Pasir asal Lumajang Dihabisi dengan Sadis

Khofifah kemudian berpesan supaya warga Lumajang tetap waspada adanya gempa susulan.

“Tetap waspada tetapi jangan panik, kita terima kasih seluruh jajaran TNI-POLRI melakukan penanganan efektif dan percepatan penanganan, dan tentu terima kasih kepada relawan yang bahu membahu gotong royong membantu masyarakat,” pungkasnya. (rul/may/ono)