Awal Ramadan, Harga Telur dan Daging Ayam di Kota Pasuruan Naik

572

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Memasuki awal bulan Ramadan, harga kebutuhan bahan pokok di Kota Pasuruan merangkak naik. Di antara yang mengalami kenaikan itu adalah daging ayam dan telur ayam.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pasuruan, Edy Trisulo Yudo mengatakan, harga daging ayam saat ini menyentuh angka Rp40-45 ribu per kilogram.

Ada kenaikan antara Rp5-10 ribu dibandingkan sebelumnya yang berkisar di angka Rp35 ribu per kilogram. Untuk harga telur ayam di pasar saat ini naik menjadi Rp24 ribu per kilogram dibanding sebelumnya Rp19-20 ribu per kilogram.

“Untuk telur ayam diprediksi akan turun, karena stoknya di Jawa Timur melimpah,” ujar Edy kepada WartaBromo, Selasa (13/04/2021).

Selain itu, kata Edy, harga bahan pangan yang masih belum mengalami kontraksi sampai hari ini adalah cabai rawit. Harga cabai rawit di pasar sampai saat ini masih di angka Rp70 ribu per kilogram.

Namun begitu, menurutnya diperkirakan pada minggu depan para petani cabai rawit akan panen raya. Harapannya dengan panen raya, stok di pasaran akan melimpah, sehingga harga cabai rawit akan turun.

“Panen raya cabai rawit diperkirakan minggu kedua atau minggu ketiga bulan ini sampai Juni awal. Harganya mungkin bisa sampai Rp40 ribu per kilo,” imbuh Edy.

Sementara untuk ketersediaan dari bahan-bahan pokok tersebut, Edy memastikan stok di Kota Pasuruan masih aman.

Data yang dihimpun disperindag dari semua pasar di Kota Pasuruan pada minggu ini, stok cabai rawit di pasar sebanyak 1 ton; daging ayam sebanyak 2 ton; telur ayam sebanyak 680 kilogram; daging sapi sebanyak 2,4 ton; Beras 79,4 ton; dan gula sebanyak 8 ton. (tof/ono)