Beredar Link Undian PLN Palsu di Probolinggo

797

 

Mayangan (wartabromo.com) – Jagad maya Probolinggo sempat heboh dengan adanya tautan subsidi token listrik. Tautan subsidi token listrik dipastikan hoaks itu sempat beredar luas di sejumlah grup WhatsApp.

Tautan yang beredar luas itu adalah sebagai berikut :
“https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135”

Saat dilakukan penelusuran, ketika tautan itu dibuka, maka akan diarahkan ke sebuah laman web. Dengan sejumlah keterangan soal subsidi listrik.

Termasuk sebuah “timer”, agar si pembuka tautan merasa harus segera mengisi sejumlah pertanyaan yang ada dalam tautan itu. Jika tidak, maka kesempatan mendapat subsidi listrik maupun token gratis, hangus.

Pertanyaan yang disajikan antara lain jenis kelamin, dampak pandemi covid19 pada penghasilan, serta di bagian akhir, ada kewajiban untuk membagikan kembali tautan tersebut.

“Jika dibagikan ke grup, harus lima grup. Jika dibagikan secara personal, harus 20 orang. Tapi ternyata itu hoaks, tidak ada subsidi atau token listriknya,” ujar salah satu warga, Ivan, Rabu (14/4/2021) siang.

Hasilnya, banyak juga warganet yang ‘kecele’ dengan tautan tersebut. Sehingga kemudian menyebar sampai ke berbagai macam grup WhatsApp yang ada.

Sekilas, tampilan website dalam tautan tersebut cukup meyakinkan. Pada bagian bawah, setelah penjelasan subsidi listrik, ada ratusan komentar yang mengaku puas setelah mendapat subsidi listrik itu. Namun demikian, keaslian komentar itupun sangat meragukan dan mencurigakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang PLN Probolinggo, Ahmad Hidayat menegaskan, tautan tersebut adalah hoaks. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk upaya penipuan mengatasnamakan PLN.

“Mengenai subsidi listrik langsung, otomatis didapatkan pelanggan. Apabila pascabayar berupa diskon tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk prabayar diberikan saat pembelian token listrik. Jadi tidak perlu mengakses token, baik di web layanan WhatsApp maupun PLN Mobile,” jelasnya.

Sebagai bentuk perlindungan sosial di tengah pandemi covid19, PLN siap menjalankan keputusan pemerintah, tetap memberikan stimulus listrik pada periode April – Juni 2021. (lai/saw/ono)