Kiai Faisol: Andai Tahu Pahalanya, Niscaya Kita Berharap 1 Tahun Ramadan Saja

386

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita mengetahui dan memahami fadilah puasa ramadhan. Sebab, andaikata tahu maka kita akan mengharapkan selama satu tahun hanya ramadan saja.

Sebagaimana tausiyah yang disampaikan Ustadz H. A. Faisol Amrullah. Ibaratnya seperti karyawan yang dijanjikan gaji besar setiap bulan januari oleh atasan. Maka, sebagai karyawan akan menantikan kedatangan bulan Januari.

“Ibaratnya, kita bekerja di salah satu perusahaan kemudian di bulan Januari bos menjanjikan akan menggaji sehari Rp10 juta, maka tentunya orang yang dijanjikan seperti itu akan selalu mengharapkan datangnya bulan Januari,” tuturnya.

Nah, sama seperti ketika menunggu datangnya puasa Ramadan karena Allah Swt menjanjikan pahala bagi orang yang beribadah di bulan ini. Sayangnya, setelah ramadan datang kebanyakan orang menanti hari rayanya.

“Seandainya kita semua tahu bagaimana pahalanya tarawih, bagaimana pahala membaca Alquran, bagaimana pahala memberikan buka untuk orang-orang yang berpuasa dan bagaimana pahalanya bershodaqoh, maka niscaya akan mengharapkan 1 tahun hanya Romadan saja,” tambahnya.

Fadilah di bulan ramadhan ini tertulis dalam hadis dhaif. Namun meski dhaif kata ustadz H. A. Faisol, setidaknya dapat dijadikan pedoman.

Memahami hal tersebut, lantas apakah kita sebagai umat muslim kita juga mengharapkan semua pahala dan keutamaan selama puasa ramadhan? (trj/may)