Waspada! Pasuruan Darurat Siklon Tropis

1749
Ilustrasi siklon tropis.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengeluarkan surat keputusan (SK) Siklon Tropis 94W. Hal ini dilatarbelakangi adanya peringatan bencana dari BNPB.

Dalam surat peringatan dari BNPB yang didapat WartaBromo disebutkan bahwa BMKG mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis 94W di Samudra Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam seminggu ke depan.

Terkait hal itu, BNPB berharap kepada masing-masing pemerintah provinsi untuk menginstruksikan kepada kabupaten/kota di wilayahnya agar melakukan beberapa hal.

Beberapa hal tersebut antara lain, meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, longsor, dan angin kencang.

Kemudian mengaktifkan tim siaga bencana untuk memantau lingkungan sekitar akan gejala awal terjadinya banjir bandang, longsor, ataupun gelombang tinggi.

Atas dasar itu, Gus Ipul menerbitkan SK Pasuruan Darurat Siklon Tropis 94W. SK tersebut berisikan tentang penetapan status siaga darurat menghadapi potensi bibit siklon tropis 94W di Kota Pasuruan.

Status siaga darurat di Kota Pasuruan ini berlaku selama delapan hari, yakni mulai tanggal 13 April 2021 sampai 20 April 2021. Dalam surat ini, Gus Ipul menunjuk Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan sebagai komandan tanggap darurat.

“Saya minta organisasi perangkat daerah atau instansi dan lembaga yang terkait penanganan bencana harus mengoptimalkan fasilitas yang dimiliki dan tetap siaga,” kata Gus Ipul. (tof/asd)