Ingin Masuk Surga dengan Mudah? Yuk Lakukan Ini

407

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Masuk surga sebenarnya bukan perkara yang sulit. Bahkan Rasulullah SAW telah memberikan berbagai cara mudah masuk surga.

“Ketika Baginda Rasulullah SAW datang ke Madinah, sahabat Abdullah Bin Salam menyatakan, bahwa orang-orang banyak yang melihat wajah Rasulullah bercahaya, jujur, dan tanpa kedustaan. Kemudian beliau mengatakan cara-cara mudah masuk ke surga-Nya Allah SWT,” ujar Ustaz Khudori Nachrowi saat menyampaikan tausiyah di program Ngalim WartaBromo.

Lalu, bagaimana cara masuk surga dengan mudah?

1. Menebarkan Salam dan Kedamaian

Cara pertama yang disampaikan Rasulullah SAW adalah agar menebarkan salam dan kedamaian. Jangan menebarkan berbagai hal yang meresahkan masyarakat.

Dengan menebarkan salam dan kedamaian maka antara manusia satu dengan lainnya dapat saling menjalin hubungan dengan baik. Tidak akan ada permusuhan dan perseteruan, sehingga Allah SWT mudahkan jalan menuju surga-Nya.

2. Sambung Silaturahmi

Menjalin silaturahmi dengan sesama manusia ternyata juga menjadi sebuah cara masuk surga dengan mudah. Utamanya bersilaturahmi dengan keluarga dekat lebih dahulu, seperti paman, bibi, dan kerabat lainnya.

“Ayo datangi, silaturahim dengan saudara-saudara dan jangan sampai memutuskan hubungan persaudaraan,” tutur Ustaz Khudori.

3. Gemar Memberi Makan pada Orang yang Membutuhkan

Lebih lanjut Ustaz Khudori mengisahkan, pada saat Rasulullah ke Madinah dan bertemu dengan para sahabat, beliau bersabda yang isinya “Wa ath ‘imuttha’am.”

Maksudnya, jika ingin masuk surga dengan mudah maka berikanlah makanan pada orang yang membutuhkan. Di antaranya kepada orang tua, mertua, saudara -khususnya yang tidak mampu, anak-anak yatim, dan lebih lagi fakir miskin di lingkungan sekitar.

4. Laksanakan Salat Malam

Cara yang terakhir adalah melaksanakan salat malam di saat orang-orang tengah tertidur. Sebagaimana diketahui, tak banyak orang sanggup mendirikan salat sepertiga malam karena sulit melawan rasa kantuknya.

Akan tetapi, bagi yang sanggup melaksanakan, maka akan dipermudah jalannya menuju surga. Salat malam membuat manusia bisa bersujud dan bermunajat kepada Allah SWT dengan khusyuk.

“Apabila semua itu kalian lakukan, InsyaAllah kita semua bisa selamat di dunia dan di akhirat, serta bisa masuk surga bersama-sama dengan penuh kedamaian dan kemudahan,” tutup ustaz Khudori mengakhiri tausiyahnya. (trj/ono)