Mau Buka Bersama Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Berikut

441

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Buka Bersama selalu menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang saat Ramadan. Di masa pandemi, sepertinya acara buka bersama bakal dilaksanakan.

Penting disimak, apabila BoloWarmo ingin buka bersama sebaiknya memperhatikan kebersihan (higienitas) makanan dan lingkungannya.

Mengapa? Ya apalagi kalau bukan untuk mencegah penularan covid-19.

Dinukil dari cnnindonesia.com, ada 5 hal yang harus diperhatikan pada rumah makan saat buka bersama. Apa saja? Yuk, simak.

1. Pilih Rumah Makan yang Kebersihannya Terjaga

Saat pandemi, BoloWarmo harus memilih rumah makan yang kebersihannya terjaga. Pastikan semua alat makan hingga lingkungan sekitar bebas dari serakan sampah atau debu.

Hindari memilih rumah makan yang terlalu terbuka dan berlokasi di area rawan dilalui kendaraan muatan besar. Sebab kondisi semacam itu, berpotensi menyebarkan kotoran dan kuman pada makanan yang hendak disantap.

2. Perhatikan Pramusaji dan Koki

Sebelum memutuskan memilih rumah makan untuk buka bersama, sebaiknya perhatikan pramusaji dan koki ketika menyajikan dan mengolah makanan. Pastikan mereka menggunakan masker, sarung tangan, maupun face shield.

Hindari makan di rumah makan yang juru masaknya tidak mengenakan perlengkapan protokol kesehatan. Sebab hal ini rawan menyebarkan covid-19 melalui makanan.

3. Hindari Rumah Makan yang Terlalu Ramai

Hal berikutnya adalah dengan menghindari rumah makan yang terlalu ramai. Mengingat pandemi covid-19 masih merebak di Indonesia, masyarakat tak diperbolehkan berada di tempat yang rawan kerumunan.

Tak hanya itu, BoloWarmo juga harus memperhatikan teman-teman yang hendak ikut buka bersama. Usahakan jumlahnya tak lebih dari 10-15 orang.

4. Pilih Meja dan Kursi Makan yang Tak Berdekatan

Meski peringatan untuk social/physical distancing sudah digembor-gemborkan, ternyata masih banyak pemilik rumah makan yang mengabaikannya. Hal yang paling penting bagi mereka adalah keramaian rumah makannya, dari pada kesehatan dan keselamatan.

Oleh karenanya, BoloWarmo harus cermat dalam memilih rumah makan yang meja dan kursinya tak berdekatan. Pastikan di meja atau kursi terdapat tanda pembatas atau penyekat kurang lebih masing-masing satu meter.

5. Pastikan Terdapat Washtafel dan Hand Sanitizer

Hal terakhir dalam buka bersama adalah dengan memastikan pada bagian depan rumah makan terdapat washtafel. Tak hanya itu, BoloWarmo juga harus memastikan di dalam rumah makan terdapat hand sanitizer.

Namun sebagai upaya untuk berjaga-jaga, sebaiknya setiap orang yang ikut buka bersama membawa hand sanitizer. Usahakan juga untuk tak terlalu lama berkumpul demi mencegah penularan covid-19. (trj/ono)