Aduh, Anyang-Anyangan! Atasi dengan Cara Alami Yuk

2754

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Bolo Warmo pernah atau bahkan serinng mengalami anyang-anyangan? Rasanya tentu tidak nyaman dan perut bagian bawah terasa nyeri, bukan?

Dalam istilah medis, Anyang-anyangan disebut disuria/dysuria. Kejadian ini membuat seseorang merasakan nyeri dan panas setiap kali hendak buang air kecil. Rasa sakit yang dirasakan pada umumnya terasa di sekitar alat kelamin (uretra/perenium).

“Seringkali, rasa nyeri tersebut berasal dari urin asam yang mengiritasi lapisan kandung kemih dan uretra. Bakteri yang merusak lapisan kandung kemih dan uretra, kemudian menjadi urin asam yang dapat menyebabkan rasa nyeri hingga panas seperti terbakar,” ungkap Lisa Hawes, MD, Ahli Urologi Chesapeake Urology Associates di Fulton.

Baca Juga :   Ribuan Karyawan Diliburkan, PT. KTI Sterilisasi Pabrik

Sejauh ini, tak banyak orang mengetahui cara alami untuk mengatasi ayang-anyangan. Kebanyakan hanya mengandalkan obat dari apotik yang kemudian dikonsumsi tanpa resep dokter.

Lantas, apa cara alami untuk mengatasi anyang-anyangan? Berdasarkan beberapa sumber, Bolo Warmo bisa mencoba cara alami di bawah ini:

1. Banyak Minum Air Putih

Obat anyang-anyangan alami yang pertama adalah dengan banyak minum air putih.

Thomas Hooton, MD, Profesor Kedokteran Klinis di University of Miami School berpendapat, penderita anyang-anyangan bjsa mencoba mengobati secara alami dengan meningkatkan cairan dan sedikit penghilang rasa sakit menggunakan air putih.

Air putih dapat membantu membuang bakteri yang menyebabkan infeksi, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).

Baca Juga :   Shelter Kecamatan Penuh, Pemkot Siapkan Gedung Sekolah untuk Dijadikan Rumah Karantina

2. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membuat urin menjadi lebih asam. Sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih. Untuk itu, perbanyak makanan kaya vitamin C supaya tidak anyang-anyangan ya!

3. Berendam di Air Hangat

Obat anyang-anyangan alami yang selanjutnya adalah dengan berendam air hangat. Rasa hangat bisa juga menjadi obat rumah yang efektif untuk menghilangkan nyeri di sekitar saluran kencing.

Berendam di air hangat ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi anyang-anyangan. Bahkan, anak-anak hingga orang dewasa bisa melakukan cara ini. (trj/may)