Khofifah Bakal Bangun SMK Perkayuan di Pasar Mebel Pasuruan

1080

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Guburnur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali mengunjungi Pasar Mebel Bukir, Kota Pasuruan. Dalam Kunjungannya, Pemerintah Pemprov Jatim berencana mendirikan SMK Perkayuan untuk menyokong produksi.

Menurut Khofifah, anak-anak muda di Pasuruan bisa diberdayakan menjadi tenaga ahli maupun desainer agar produk mebel semakin kaya dan bisa memenuhi selera pasar. Mereka bisa difasilitasi untuk kursus atau sekolah khusus mebel.

“Tadi hasil cocokan di dalam dengan Pak Wali. Rupanya dari Jember, dari Lumajang mereka banyak magang mebel ke sini. Kalau bisa disiapkan lahan oleh Pemkot Pasuruan, minimal 3 hektare, dihibahkan ke provinsi, Insya Allah pemprov akan membangunkan SMK Perkayuan di sini,” ucap Khofifah usai meninjau kawasan industri mebel di Bukir, Kota Pasuruan, Senin (24/5/2021).

Baca Juga :   Pelajar SMP di Kota Pasuruan Lulus 100 Persen

Sementara itu, ia juga menyebut ada tiga andalan ekspor Jawa Timur, yakni perhiasan, furnitur dan perikanan. Untuk furnitur sendiri sentranya ada di Kota Pasuruan dan memang bisa dikembangkan.

“Tadi saya rembukan sama Pak Wali Kota, saya minta tolong sama-sama menyiapkan, kalau bahasa sederhananya, plaza mebel di sini. Plaza mebel bisa magnet, orang datang ke Jatim kalau mau lihat mebel ya datang ke Pasuruan,” kata Gubernur Jatim itu.

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyambut baik rencana Gubernur Khofifah membangun plaza mebel di Bukir. Pembangunan plaza mebel bisa menjadi momentum mengembalikan masa kejayaan pasar mebel Bukir.

“Sebenarnya potensi dan SDM teman-teman di Bukir ini sejajar dengan para perajin kayu di Jepara, Jawa Tengah. Namun, belakangan kita mulai tertinggal. Ini saatnya kita bangkit mengejar ketertinggalan. Nanti akan ada even setiap akhir pekan di plaza mebel untuk menarik orang datang,” kata Gus Ipul.

Baca Juga :   Modin Desa Pakukerto Raih Hadiah Utama dalam Gowes Lereng Arjuna 2019

Dan untuk pembangunan SMK Perkayuan, Gus Ipul akan segera menyiapkan lahan yang tepat untuk mendukung kemajuan anak muda di Kota Pasuruan tersebut.

“SMK Perkayuan akan menjadi tempat atau wadah bagi siapa pun yang memiliki minat untuk mendalami ilmu tentang mebel. Jadi, ini tempat untuk meningkatkan SDM,” katanya. (don/may)

Simak videonya: